Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Ini 8 Kebiasaan Menabung ala Orang Tionghoa yang Bisa Ditiru

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 31 Desember 2023

kebiasaan menabung orang tionghoa

Sumber: https://images.pexels.com/photos/4947352/pexels-photo-4947352.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1


Orang Tionghoa terkenal dengan kepandaiannya dalam mengelola keuangan. Kebiasaan menabung yang mereka jalankan sangat membantu dalam mengatur pendapatan sehingga kehidupannya lebih Sejahtera. Kamu bisa mencontoh kebiasaan baik tersebut dengan mulai membuka rekening di bank digital.


Sebagai alternatif, kamu bisa melihat daftar bank digital yang memberikan pelayanan keuangan terbaik. dengan kebiasaan menabung yang teratur dan konsisten, masalah keuangan tidak akan muncul lagi, bahkan meski kebutuhan banyak semua dapat terpenuhi dengan baik. 


Kebiasan Menabung ala Orang Tionghoa


Orang Tionghoa terkenal dengan kebiasaan menabung sejak kecil. Ini yang membantu mereka dalam mengelola penghasilan sehingga jarang kekurangan. Tabungan yang tinggi akan menjamin kehidupan yang lebih sejahtera. Karena mempunyai tabungan yang cukup, orang Tionghoa jarang terjebak dalam utang sebab bisa mencukupi kebutuhan sendiri. 


Pengelolaan keuangan yang bijak membuat kehidupan mereka secara mental juga sehat karena tidak terlilit beban perekonomian. Siapa pun bisa mencapai kesejahteraan seperti orang Tionghoa selama mau mengikuti kebiasaan menabung yang mereka lakukan. 


1. Hemat


Orang Tionghoa terkenal dengan pola hidupnya yang sangat hemat. Mereka hanya berbelanja seperlunya saja dan mengalokasikan dana yang dimiliki untuk tabungan. Ini yang membuat mereka mempunyai dana yang cukup untuk berbagai keperluan. 


2. Mengajarkan pengetahuan pengelolaan uang kepada anak


Anak-anak Tiongkok sudah paham mengenai keuangan sejak kecil karena dari rumah mereka sudah dikenalkan dan diajari cara menggunakan uang yang dimiliki. Bahkan tidak sedikit anak-anak yang mengerti bagaimana orang tua mereka mencari uang. Tidak jarang orang tua yang mempunyai usaha melibatkan anak-anak dalam usahanya. 


Tujuannya adalah agar anak-anak paham bagaimana orang tua mencari uang sehingga mereka menghargai uang yang diberikan kepadanya. Anak-anak Tionghoa juga sudah dibiasakan untuk menabung uang saku yang diberikan oleh orang tuanya. 


3. Mengurangi makan di luar


Dalam keseharian, orang Tionghoa sangat membatasi pengeluaran, termasuk untuk makan. mereka lebih memilih untuk memasak dan makan di rumah. Jika bepergian, seperti sekolah atau bekerja mereka terbiasa untuk membawa bekal dari rumah. Cara ini membantu menekan pengeluaran sehingga lebih banyak uang yang bisa ditabung. 


4. Menawar harga


Tidak sedikit orang Tionghoa yang lebih memilih untuk berbelanja di pasar tradisional karena selain harga barang yang lebih murah, mereka juga bisa menawar harga. Dengan demikian bisa mendapatkan barang yang jauh lebih murah.


Kebiasaan ini dilakukan oleh pria dan wanita pada saat membeli barang. Bukan hanya orang tua, para remaja pun selalu menawar harga sebelum memutuskan untuk membelinya. Mereka juga selalu mempertimbangkan harga dan manfaat barang tersebut sebelum berbelanja. 


Konsep hidup yang dipegang adalah dengan pengeluaran uang terbatas untuk mendapatkan produk berkualitas. Sedangkan sisa uang yang dimiliki akan digunakan untuk memperbanyak saldo tabungan. 


5. Reduce, reuse, recycle


Konsep hidup dari orang Tionghoa yang pantas ditiru adalah selalu mengoptimalkan barang yang dimiliki. Selama barang tersebut masih bisa digunakan, akan terus dipakai sehingga tidak harus keluar uang untuk membeli barang baru. 


Barang yang sebelumnya tidak digunakan jika memungkinkanakan diolah kembali menjadi barang lain yang jauh lebih bermanfaat. Ini yang membuat mereka dapat menekan pengeluaran semaksimal mungkin sehingga mempunyai lebih banyak uang untuk tabungan. 


6. Punya beberapa sumber pendapatan  


Jika kamu amati, banyak orang Tionghoa yang mempunyai beberapa toko, baik yang terletak di satu tempat maupun di beberapa tempat. Hal ini merupakan cara mereka untuk menjaga kondisi finansial agar tepat aman. 


Jika satu usaha rugi atau bangrut, mereka masih bisa mengandalkan penghasilan dari usaha yang lain. Dengan demikian semua kebutuhan hidup tetap bisa terpenuhi. Selain itu,tabungan yang sudah dikumpulkan juga tidak kemudian terpakai untuk mencukupi kebutuhan hidup. 


7. Manfaatkan promo


Kebiasaan berikutnya adalah memanfaatkan promo saat berbelanja. Cukup banyak toko yang memberikan promo kepada pelanggan sehingga bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan dengan harga lebih hemat. 


Orang Tionghoa sering berburu diskon dan promo serta berbelanja pada momen tersebut. Dengan demikian semua kebutuhan bisa terpenuhi namun tetap dapat menabung sesuai rencana. 


8. Investasi


Untuk bisa meningkatkan tabungan, orang Tionghoa juga senang berinvestasi dalam berbagai produk seperti saham, obligasi maupun tabungan. Profit dari investasi ini digunakan untuk meningkatkan saldo tabungan. 

 


Sumber: https://images.pexels.com/photos/7363693/pexels-photo-7363693.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1


Kebiasaan hidup hemat dan mengelola keuangan yang dilakukan oleh orang Tionghoa dapat menjadikan kondisi keuangan aman dan dapat menabung lebih banyak. Siapa pun bisa mempunyai banyak tabungan dengan menerapkan kebiasaan yang dilakukan oleh orang Tionghoa kemudian menyimpan uang di bank digital. 


Kemudahan cara menabung dan banyaknya daftar bank digital yang bisa menjadi pilihan memberi kesempatan siapa saja untuk terus menambah saldo. Alternatif untuk menyimpan tabungan adalah digibank by DBS. digibank merupakan aplikasi menabung dan berbagai kebutuhan keuangan lain yang mudah diakses dan aman. 


Agar bisa mempunyai banyak tabungan seperti orang Tionghoa kamu perlu jeli melihat peluang dan punya portfolio yang bisa monitor investasi setiap saat. Untuk pengelolaan keuangan, kamu bisa fokus ke satu tujuan sehingga bisa mencapai target tabungan yang diinginkan.


Sebaiknya kamu juga rajin gali promo, dapetin cuan, bisa pakai transfer tanpa kuota dan serba fasilitas serba gratis lainnya, pakai QRIS cashback, pakai reward dari CC, mengikuti program Maxi Booster yang bisa boost bunga tabungan hingga 7% per tahun dan lainnya melalui aplikasi  bank digital digibank by DBS. 


Kamu juga bisa mulai berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu di 120+ pilihan agar bisa tetap have fun dan mempunyai banyak tabungan. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, bisa menggunakan fitur Investment Goal-culator di digibank by DBS. Tujuannya untuk mengkalkulasi hasil investasi dan meraih kestabilan finansial. Fitur Goal-culator akan membantu dalam menghitung hasil investasi setiap tahun. 


Kini kamu bisa mulai mengelola keuangan dan menambah saldo tabungan seperti yang dilakukan oleh orang Tionghoa dengan mengunduh aplikasi digibank by DBS di App Store atau Google Play sekarang juga.  

>