Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Rice Cooker Miyako dan Hangatnya Kado Cinta dari Ibu

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 30 Desember 2023

 


"Sol, bekalnya jangan lupa dimasukkan dalam tas.." Ibu mengingatkanku karena melihatku begitu sibuk mempersiapkan perlengkapan untuk sekolah pagi itu. Aku hanya mengangguk dan langsung memasukkannya ke dalam tas. Bagiku, pagi itu benar-benar kacau, aku bangun kesiangan karena semalam suntuk bermain bersama teman, hingga larut malam. 


Memang, tak banyak uang yang bisa aku gunakan untuk membeli jajan di sekolah. Ketika SD, aku diberikan uang saku Rp1000 oleh Ibu dan biasanya uang itu aku tabung ke bendahara sekolah agar nantinya dapat diambil ketika akhir semester, bersamaan dengan pembagian rapor kenaikan kelas. Tak banyak, tapi aku selalu diajarkan oleh Ibu untuk menabung meski dari nominal kecil.


Sebagai gantinya, Ibu selalu memberi bekal yang bisa aku konsumsi ketika istirahat sekolah. Tak mewah memang, jika dibandingkan dengan teman-teman yang membawa bekal begitu lengkap dan sempurna, karena aku memahami bahwa kala itu ekonomi keluarga sedang digempur habis-habisan, jadi inilah yang bisa aku konsumsi dan syukuri.


Aku ingat betul, kotak nasinya transparan dengan tutup berwarna hijau, yang aku dapatkan dari ulang tahun teman sepermainan. Dan ketika dibuka.. Aroma wangi nasi tercium, teksturnya pulen dan masih hangat pula "wah, enak sekali," pikirku.


Padahal seingatku sudah berjam-jam kotak itu tertutup, namun rasanya masih enak juga. Bayanganku langsung teringat ketika Ibu mengambil nasi dari Rice Cooker Miyako, dimana keluarga kecil kami selalu setia menggunakan berbagai varian produk ini. Ibu pernah mengatakan, bahwa akan selalu memberikan yang terbaik untuk bekal kami sekolah, agar anak-anaknya giat belajar.  Tentu aku menjadi lebih terpacu dan bersemangat mewujudkan keinginan Ibu.


****



Bagiku, Ibu adalah sumber kasih dan cinta paling tulus yang pernah aku temui. Bahkan, kasih Ibu tetap aku rasakan di manapun aku berada, tak terbatas oleh tempat dan waktu. Pernah suatu ketika, aku hendak pergi ke luar kota, untuk menghadiri sebuah kegiatan. Semuanya sudah aku siapkan sejak malam hari agar esok harinya mudah, langsung berangkat.


Tanpa aku sadari, ternyata Ibu bangun dini hari untuk menanak nasi dan memasak ayam goreng favoritku. Aku baru tersadar tatkala sampai di tempat tujuan, ternyata di dalam tas sudah berisi kotak nasi dengan lauk yang cukup, lengkap dengan air botol dalam satu plastik putih.


Aku kaget, karena seingatku aku tidak meminta untuk dibuatkan apa pun kepada ibu, dan kala itu di dompetku masih berisi uang yang cukup kok, untuk akomodasi selama berada di kota ini. Akhirnya, kutelpon Ibu untuk memastikan terkait bekal ini, dan ternyata benar, Ibu-lah yang memasak semuanya khusus untukku. Agar tidak lapar, katanya.


Inilah bukti bahwa cinta tak sealu diekspresikan dengan kata-kata. Ibu selalu paham tentang apa yang dibutuhkan anaknya, ditambah lagi setiap masakan dan bekal yang ia sisipkan, selalu diiringi dengan doa "mujarab" yang menyelimuti kebaikan kepadaku, selalu.


****


Di Indonesia, kedekatan ibu dan anak merupakan sebuah hal yang alamiah dan diakui secara universal oleh setiap orang. Menurut survei pada 2021 silam, sebanyak 90,82% persen anak usia dini tinggal bersama kedua orang tua, hal ini mengindikasikan begitu tingginya peran orang tua bagi anak, terutama peran Ibu yang sangat dekat dalam perkembangan anak-anaknya.


Bukan tanpa alasan, kasih sayang seorang Ibu memiliki peran yang sangat krusial bagi perkembangan anak, berikut diantaranya:



1. Tempat Paling Nyaman dan Aman Seorang Anak


Bagiku pribadi, Ibu adalah tempat yang paling terbaik untuk menceritakan keluh kesah, karena sedari dini aku memang sangat terbuka dengan Ibu. Rasa aman dan nyaman yang diberikan seorang Ibu kepada anak akan membuat anak tersebut menjadi tidak merasa sendirian (feeling lonely) ketika harus menyelesaikan berbagai macam problematika hidupnya.


2. Kasih Sayang Ibu, Selalu Ingin Menjaga Anak 


Aku akui, Ibuku bukanlah seorang yang menuruti semua keinginanku sejak kecil. Beliau sangat sabar dan teguh untuk tidak memberikan apa yang aku minta jika itu tidak baik untukku, sekalipun aku menangis atau bahkan berguling-guling memintanya.


Tak bisa dipungkiri, sifat seorang ibu akan selalu memberikan perlindungan (protection) kepada anak-anaknya. Seperti ketika aku ingin mengonsumsi permen, Ibu melarangnya karena aku mudah sekali terkena batuk maupun pilek, sehingga aku terlindungi dari hal tersebut. Sehingga, cocok sekali jika Ibu dikonotasikan sebagai "malaikat penjaga" kita, karena sifatnya yang dengan tulus melindungi.


3. Sifat Alamiah Ibu, Ingin Memberikan yang Terbaik


Sepertinya semua orang sepakat, bahwa Ibu rela mengorbankan kepentingan dirinya untuk terwujudnya kepentingan anak-anaknya. Sama seperti ibuku, beliau rela untuk tidak membeli baju lebaran, demi pakaian lebaran aku dan adikku, agar tidak malu kepada teman-teman, katanya.


Termasuk perihal makanan keluarga, Ibu akan memprioritaskan anak-anak dengan gizi yang seimbang setiap harinya. Meski sederhana, tapi semua ada, mulai dari lauk-pauk, sayuran, dan karbohidrat, serta makanan penunjang lainnya selalu disediakan yang terbaik untuk kami. 


Bahasa Cinta Ibu Tak Pernah Berubah, Selalu Sediakan Bekal yang Enak dari Rumah



Dari generasi ke generasi, Ibu tetap konsisten menggunakan rice cooker dengan merk yang sama, bahkan sekarang di rumahku ada tiga rice cooker yang kesemuanya menggunakan produk dari Miyako. Hal ini untuk menjaga kestabilan rasa dan kehangatan yang pas dari makanan yang akan dijadikan bekal untuk kami, anak-anaknya.


Berbicara bahasa cinta Ibu, aku jadi teringat Nikita Willy, publik figur yang kini menjadi "kiblat" newmom di seluruh penjuru negeri jika berbicara terkait pola pengasuhan anak. Banyak yang fokus kepada tutur katanya, hingga perilakunya yang mencerminkan "kesiapan" menjadi seorang Ibu.


Bahkan Nikita rela memberikan segalanya demi buah hatinya, karena baginya anak merupakan kado terbaik dari Sang Khalik kepada keluarganya. Lantas, untuk mewujudkan kasih sayang tersebut, cara unik yang disampaikan Nikita adalah melalui makanan yang dihidangkan, yakni harus yang terbaik dan terjaga, mulai dari bahannya, pembuatannya, hingga alat masak pun harus sesuai standar.



Nikita Willy Pakai Miyako, sama juga seperti Ibuku. Memang, seperti yang diungkapkan, memasak nasi dengan rice cooker Miyako sangat nyaman, panasnya pas dan stabil, jadi kehangatan makanan dapat terjaga lebih lama. Apalagi kini hadir produk Miyako Nanoal terbaru, varian MCM-586 BH yang membawa 5 keunggulannya. Apa saja? Berikut diantaranya:


1. Fitur Anti Lengket


Rice Cooker Miyako MCM-586 BH telah diperkaya dengan fitur Panci Nanoal Berlian Hitam yang menawarkan keunggulan anti lengket hingga 10 kali lebih tahan lama. Dengan ketebalan 1,4 mm dan lapisan Double Coating pada permukaan luar dan dalam panci, rice cooker ini tidak hanya berfungsi optimal tetapi juga memiliki tampilan yang lebih mewah dan elegan. 


Proses teknologi etching yang digunakan memastikan lapisan anti lengket meresap ke dalam pori-pori aluminium, membuatnya lebih awet, tahan lama, dan permukaannya mudah dibersihkan.


2. Aman untuk Digunakan


Panci Nanoal Rice Cooker Miyako telah lolos uji Food Grade dan terbebas dari PFOA, memberikan keamanan ekstra untuk pengguna. PFOA, atau Perfluorooctanic acid, merupakan bahan kimia buatan yang dapat menjadi bahaya kesehatan, khususnya dalam proses pembuatan bahan anti lengket. Sehingga, produk ini telah diberi label aman untuk digunakan.


3. Body Anti Karat dan Desain yang Soft


Desain rice cooker MCM-586 BH menampilkan balutan body anti karat dan anti penyok berwarna baby pink yang menarik. Fitur Soft Touch Opening memudahkan pengguna membuka tutup rice cooker dengan satu sentuhan lembut. 


Dengan kapasitas hingga 1,8 liter beras dan kemampuan menghangatkan hingga 5 liter nasi, rice cooker ini dapat menyajikan hingga 15 porsi nasi dengan takaran 200 gram per porsi, cocok untuk keluarga besar.


4. Fungsi 3 In 1


Rice Cooker Miyako MCM-586 BH memiliki fungsi 3 in 1 yang praktis, memasak, menghangatkan, dan mengukus. Fungsi ini memberikan fleksibilitas dan kemudahan penggunaan bagi para ibu yang menginginkan peralatan dapur yang multifungsi.


Thermostat System pada rice cooker ini bekerja secara optimal untuk menjaga nasi tetap hangat, mencegah pengeringan atau kelembaban berlebih. Dilengkapi dengan Magic Tonjolan di bagian atasnya untuk mengatur sirkulasi saat memasak dan menghangatkan, memberikan jaminan bahwa nasi tetap enak dan pulen setiap saat.


5. Garansi 5 Tahun


Kelebihan lainnya, Rice Cooker Miyako MCM-586 BH dilengkapi dengan Garansi Elemen Pemanas selama 5 tahun dan telah lulus uji SNI. Hal ini memberikan kepastian akan keamanan dan kualitas elemen pemanas, yang merupakan komponen krusial dalam rice cooker. 


Wah, jadi pantas saja jika Nikita Willy yang notabene-nya sangat pemilih untuk urusan alat masak memilih rice cooker Miyako. Karena produk ini memiliki banyak keunggulan yang menjamin keamanan dan kehangatan makanan. 


Ternyata, sejauh ini Ibu selalu mengisyaratkan cintanya dengan baik melalui makanan yang aku makan. Ibu ingin memastikan apa yang dihidangkan untuk anak merupakan makanan yang terbaik, sehingga beliau memilih untuk konsisten menggunakan produk dari Miyako. Dan kasih sayang ini menjadi kado yang paling indah di momen Hari Ibu kali ini. Terima kasih, Ibu.


Untuk Ibuku dan Ibu-ibu di seluruh dunia, selamat Hari Ibu


Sumber referensi:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/12/12/169-anak-indonesia-tak-tinggal-dengan-orang-tua-kandungnya-pada-2021

>