Kategori Berita

ZMedia

Serba Mudah Jadi Nasabah BRI, Dimanjakan Layanan Digital Sepenuh Hati

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 01 Desember 2023

 

"Ini harus ke bank langsung untuk buka rekening, pak?" Tanyaku kepada satpam BRI yang stand-by pagi itu, sekilas terlihat pintu kantor bank yang masih tertutup rapat. Ya, kebetulan hari ini aku ada keperluan mendadak untuk segera membuka rekening BRI, sehingga harus berangkat sepagi mungkin, berharap dapat membuka rekening lebih cepat.


"Bisa lewat online langsung kok, dik.." Jawab bapak satpamnya dengan ramah, sambil memberitahuku langkah-langkahnya. Aku menepuk jidat. Kenapa aku baru tahu sekarang? Tahu gini, mungkin aku bisa buka rekening dari rumah dan tidak perlu ngos-ngosan seperti ini.


Apa boleh buat? Karena terlanjur berada di depan kantor BRI, aku pun mencoba ikuti petunjuk dari bapak satpamnya, siapa tahu jika mengalami kendala apa pun bisa langsung aku tanyakan saat itu juga. Ternyata, proses buka rekening online Bank BRI sangat mudah. Tidak sampai 5 menit, dataku terkirim dan berhasil membuka rekening dengan cepat. 


Ini adalah salah satu kemudahan digitalisasi BRI, namanya BRI Digital Saving. Fitur ini memungkinkan pengguna baru maupun pengguna lama untuk membuka rekening secara online. Bahkan, layanan digital ini bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, asal berbekal internet dan gawai, semua beres. Aku pun pulang dengan hati lega.


Segudang Manfaat Layanan Bank BRI untuk Masyarakat



Tak dapat dipungkiri, hampir seluruh anggota keluargaku memiliki rekening di Bank BRI, kecuali adikku yang baru saja mengenyam pendidikan SMA. Bukan tanpa alasan, selain karena Bank BRI menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, bank "pelat merah" ini juga menawarkan beragam kemudahan layanan yang sangat membantu masyarakat, termasuk keluargaku.


Aku merasakannya secara langsung. Pernah suatu ketika, aku lupa membawa dompet untuk berbelanja di salah satu mall yang terbesar di kotaku. Awalnya tentu panik dong, karena jarak rumah ke mall tersebut terbilang cukup jauh, sehingga mustahil rasanya aku harus kembali hanya untuk menjemput dompet mungilku yang ketinggalan (hehe). 


Untung saja, ketika aku raba saku celana, nampaknya aku membawa smartphone, di dalamnya berisi aplikasi BRImo yang terhubung dengan rekening BRI ku. Wah aman deh, pikirku. 


Aplikasi BRImo memiliki beragam fitur yang lengkap, termasuk tarik tunai tanpa kartu. Karena dompetku ketinggalan, yang pastinya di dalam berisi uang cash dan kartu debit, jadi menurutku BRImo inilah yang menjadi jawaban tepat saat itu. Tanpa berpikir panjang, aku langsung melakukan tarik tunai tanpa kartu dengan mudah melalui ATM yang berada dalam mall. 


Tak perlu menunggu lama, akhirnya aku bisa kembali tersenyum, karena uang tersebut sudah berhasil aku genggam. Bagiku, lebih baik ketinggalan dompet daripada harus ketinggalan smartphone, karena nyatanya kehadiran smartphone dengan sistem digitalnya dapat membuat transaksi apa pun jadi serba mudah tanpa harus membawa dompet kemana-mana (bukan begitu teman-teman? haha)


****


Tak hanya itu, masih banyak manfaat layanan digitalisasi BRI yang aku rasakan hingga saat ini. Contohnya saja, setiap bulan aku harus membayarkan listrik dan air bulanan di rumah. Jujur saja, cukup bising ketika mendengar "nada dering" token listrik yang mulai habis, jadi aku-lah yang ditugaskan untuk membayar sekaligus memasukkan kode tokennya.


Dulu, untuk membayar token listrik saja, aku harus berjalan hingga ke seberang jalan raya, tidak ada pilihan lain. Namun, kini dengan hadirnya sistem digital Bank BRI, cukup sambil rebahan aku sudah bisa membayar token listrik melalui aplikasi BRImo. Bahkan, tetangga depan rumah juga sering meminta tolong untuk menitip membayarkan token listriknya, setelah mengetahui aku membeli dengan mudah berbekal aplikasi ini. "Aplikasi BRImo memang semudah itu".


Tak berhenti sampai di situ, kini giliran paman dan budeku yang merasakan benefit dari layanan BRI. Seperti yang diketahui, di masa-masa mewabahnya virus Covid-19, banyak sektor bisnis yang mulai gulung tikar, termasuk salah satunya usaha pamanku yang kian hari kian merugi. Saat itu, hampir saja pamanku merasa kehilangan gairah dalam bisnisnya. 



Beruntung, ia mendapatkan pinjaman dari Bank BRI untuk kembali melancarkan bisnis toserbanya. Konsepnya unik, seperti minimarket terbuka yang berisi banyak produk olahan, kebutuhan rumah tangga, hingga mainan anak. 


Berkat peluang inilah, setahap demi setahap keuntungan berjualan semakin jelas terlihat untuk keluarganya. Bagi mereka, Bank BRI adalah Pahlawan UMKM yang sangat dekat membantu masyarakat.


Sistem Pembayaran Cashless Bank BRI Jadi Andalanku, Mudah Bayar di Mana Saja




Bank BRI juga sangat mempermudah masyarakat untuk urusan pembayaran. Bukan aku namanya, kalau tidak mengedepankan sistem cashless ketika berbelanja. Semenjak kemunculan berbagai modus kejahatan yang terkait dengan uang cash maupun kartu kredit, aku semakin memantapkan diri untuk beralih ke pembayaran dengan sistem digital, yang menurutku cukup mudah, dan minim resiko. Biasanya kugunakan sistem ini untuk membayar belanjaan di minimarket, hingga menonton film di bioskop.

Di zaman sekarang, siapa sih yang tidak suka nonton film di bioskop? Rasanya, hampir semua generasi muda hobi menonton film di bioskop, termasuk aku pribadi. Nah, biasanya ketika aku hendak membayar tiket yang telah dipesan, mbak-mbaknya bertanya, "untuk pembayaran menggunakan apa mas?"

"Pakai QRIS BRI bisa, mbak?", lalu mbaknya mengangguk sembari menyodorkan QR code untuk aku pindai. Beberapa detik kemudian, pembayaran berhasil. Ah, cepet banget.



Ya, sekarang di aplikasi BRImo telah dilengkapi dengan fitur membayar melalui QRIS. Caranya cukup mudah, tinggal scan saja, saldo otomatis terpotong sejumlah harga barang tersebut. Kehadiran fitur ini dapat mempermudah pembayaran menjadi lebih efisien, dan lebih cepat tentunya. 

Bayangkan saja, tanpa perlu buka dompet untuk mengambil uang cash, yakni cukup mengarahkan kamera smartphone ke kode yang ditampilkan, kita sudah bisa membeli barang yang kita inginkan. Bukankah itu sangat mudah?

Kontribusi Nyata Bank BRI untuk Negeri Melalui Pengoptimalan Layanan Digital


Sebagai bagian dari cashless society, nampaknya layanan perbankan digital menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan di zaman ini. Mulai dari sektor keuangan, jual beli, investasi, hingga asuransi pun kini bertransformasi ke arah digital. Saat ini masyarakat sudah mulai meninggalkan pembayaran tunai menjadi kebiasaan untuk membayar secara digital.


Fenomena tersebut juga yang mendasari Bank BRI untuk mengoptimalkan layanan digital, melalui aplikasinya BRImo. Tercatat, dari data yang dihimpun Kompas pada 2022 lalu, transaksi di Bank BRI yang terjadi secara digital mencapai 98,41 persen, jauh dibanding transaksi melalui cabang yang hanya 1,59 persen saja. 


Adanya pergeseran paradigma masyarakat modern, juga mendorong Bank BRI untuk terus melahirkan inovasi yang mempermudah nasabah, salah satunya dengan hadirnya layanan digital customer service (Digital CS) berupa mesin one stop service dalam meningkatkan kemudahan akses dan pengalaman transaksi nasabah.


Sebagai nasabah Bank BRI, digitalisasi layanan perbankan menurutku sangat berdampak terhadap kemudahan transaksi nasabah, seperti berbagai manfaat yang telah aku ceritakan sebelumnya. Kini, masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan berbagai transaksi hanya dengan satu genggaman, BRImo. Ini adalah wujud nyata kontribusi BRI Untuk Indonesia.


sumber:

https://biz.kompas.com/read/2023/03/20/135950428/digitalisasi-bri-berbuah-manis-porsi-transaksi-lewat-platform-digital-capai-9841

 https://ekonomi.republika.co.id/berita/s16jop423/buat-yang-anti-ribet-bri-sediakan-layanan-digital-customer-service

>