Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Jangan Sampai Salah, Ini Urutan Penggunaan Skincare yang Benar

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Selasa, 19 Desember 2023


Dalam beberapa dekade terakhir, penggunaan skincare semakin masif, bahkan kini banyak ditemukan produk kecantikan di tanah air. Namun, sayangnya, pengetahuan tentang urutan penggunaan skincare yang benar sering kali masih menjadi misteri bagi sebagian besar. Banyak pihak yang tidak sadar, jika tidak tahu urutan skincare yang benar, akan mengurangi efektivitas produk skincare tersebut. 


Lalu, bagaimana sebenarnya urutan penggunaan skincare yang benar? Akan dijelaskan secara rinci dalam artikel kali ini.


Urutan Skincare dari Awal Hingga Akhir yang Benar


1. Facial Wash


Pagi hari dimulai dengan facial wash atau pembersih wajah. Tidak hanya sebagai langkah menyegarkan, tetapi facial wash juga berperan menghilangkan sisa-sisa skincare atau riasan dari malam sebelumnya. Bagi yang aktif di luar ruangan, penggunaan facial wash setelah beraktivitas akan membantu menjaga kebersihan kulit, mempersiapkan wajah untuk perawatan selanjutnya, dan meningkatkan efektivitas produk skincare.


2. Toner


Langkah berikutnya adalah toner, menjadi kunci awal untuk menjaga keseimbangan kulit. Setelah wajah dibersihkan dan dikeringkan, toner memberikan lapisan awal yang penting sebelum produk skincare selanjutnya. Selain itu, toner juga berperan mengembalikan pH kulit menjadi normal, menjadikannya siap menerima manfaat maksimal dari produk skincare berikutnya. 


Pemilihan toner harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit, dengan BHA (Beta Hydroxy Acid) untuk kulit berjerawat dan AHA (Alpha Hydroxy Acid) untuk kulit kering.


3. Essence/Serum


Essence atau serum merupakan langkah selanjutnya yang memberikan kelembaban ekstra pada kulit dan mempermudah penyerapan produk skincare berikutnya. Dengan kandungan yang kaya akan nutrisi, essence tidak hanya melembabkan, tetapi juga menenangkan dan mencegah penuaan dini. Bagi yang tidak memiliki essence, serum bisa menjadi penggantinya, memberikan perlindungan ekstra untuk kulit.


4. Pelembab (moisturizer)


Tahap selanjutnya adalah penggunaan pelembab atau moisturizer. Produk skincare ini memiliki tujuan utama: menjaga kelembaban wajah. Pemilihan pelembab perlu disesuaikan dengan jenis kulit, dengan krim untuk kulit kering dan tekstur gel atau cair untuk kulit berminyak. Dengan penggunaan yang tepat, pelembab tidak hanya memberikan kelembaban, tetapi juga membentuk lapisan perlindungan pada kulit.


5. Sunscreen


Langkah terakhir dalam rutinitas skincare pagi adalah penggunaan sunscreen. Sebagai langkah penting, sunscreen melindungi kulit dari bahaya sinar UV atau sinar matahari. Disarankan menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30, dan berikan waktu 15 hingga 30 menit setelah penggunaan agar produk dapat menyerap dengan baik. Sunscreen menjadi tameng pertahanan kulit, mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mendukung kulit tetap sehat.


Dengan menerapkan langkah-langkah urutan skincare pagi yang benar, dapat membantu Anda meraih kulit sehat dan terawat. Penting untuk konsisten dalam menjalankan rutinitas ini untuk merasakan manfaat maksimal dari produk skincare.

>