Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Yuk, Terapkan Sistem Menabung Kakeibo Demi Finansial Stabil

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 10 Desember 2023
Sistem Menabung Kakeibo

https://images.pexels.com/photos/2187661/pexels-photo-2187661.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1


Memiliki tabungan adalah hal wajib untuk menjaga keamanan finansial dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan keuangan di kemudian hari. Masalahnya, mendisiplinkan diri agar rutin menabung bukanlah sesuatu yang mudah. Faktanya, banyak yang gagal membangun kebiasaan baik ini.


Apalagi dengan hadirnya godaan-godaan online shopping yang menawarkan berbagai promosi, membuat rencana menabung kerap kandas. Nah, jika kamu termasuk golongan orang yang susah menabung dan gampang tergoda diskon belanja daring, metode Kakeibo bisa jadi jawaban permasalahanmu.


Apa itu Strategi Menabung Kakeibo?


Kakeibo (dibaca: kah-keh-boh) merupakan metode atau strategi menabung ala masyarakat Jepang yang sudah berlangsung sejak ratusan warsa silam. Gaya hidup hemat ini banyak dipraktekkan oleh para ibu rumah tangga di negeri sakura. Metode yang secara harfiah memiliki arti 'seni penganggaran manual', pertama kali diperkenalkan pada tahun 1904 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani.


Metode menabung Kakeibo kembali populer di tahun 2017 berkat Fumiko Chiba. Ia menulis buku berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money. Dalam buku ini, Fumiko menjelaskan ada empat pertanyaan dasar yang harus dijawab jika ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih stabil, yaitu:


Berapa banyak uang yang telah kamu miliki?

Berapa jumlah uang yang ingin kamu simpan atau tabung?

Berapa besar dana yang rutin kamu belanjakan?

Bagaimana caranya kamu bisa meningkatkan jumlah uang yang kamu tabung?


Jawaban-jawaban dari pertanyaan penting dari metode kakeibo akan menjadi pondasi kamu dalam mengelola keuangan. Kamu menjadi lebih mudah memahami  tujuan finansial dan bagaimana cara menghemat yang akan dilakukan.


Tips menerapkan strategi menabung Kakeibo.


Prinsipnya, metode Kakeibo adalah mencatat secara manual pendapatan dan pengeluaran keuangan dengan menggunakan buku dan pena. Mencatat dengan tulisan tangan ini bertujuan agar seseorang memiliki kesadaran untuk lebih memperhatikan setiap pengeluaran yang ia tulis atau catat. Gerakan tangan diyakini dapat mengintegrasikan dan mengaktifkan bagian-bagian otak yang meliputi memori, bahasa, dan kemampuan kognitif. Sehingga meningkatkan motivasi dan akuntabilitas.


Harapannya ketika membuat keputusan untuk membelanjakan uang atau membeli sesuatu benar-benar didasari pertimbangan yang matang dan tidak terjebak impulsive buying. Nah, berikut ini tips agar sukses menerapkan strategi jitu menabung ala masyarakat Jepang : 


1. Buatlah Catatan Keuangan Awal Bulan 


Langkah pertama untuk mengetahui berapa uang kamu miliki adalah dengan mencatat seluruh pemasukan setiap awal bulan. Meliputi pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan. Kemudian buat prediksi rincian uang yang akan keluar  selama  sebulan. 


2. Tentukan Jumlah Anggaran 


Setelah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, kamu dapat menentukan berapa uang yang harus ditabung. Metode Kakeibo ini juga sangat tepat dijalankan jika ingin mencapai tujuan tertentu. MIsalnya membeli laptop yang kamu idamkan atau pergi liburan ke suatu tempat. Ketahui berapa biaya yang harus kamu anggarkan untuk menentukan besaran uang yang disisihkan setiap bulan. Jangan lupa, pisahkan anggaran untuk tujuan tentu dengan rekening tabungan yang dikhususkan untuk dana darurat. 


3. Pertimbangkan Pengeluaran


Alokasikan uang yang tidak ditabung ke dalam pos-pos pengeluaran. Dalam metode Kakeibo, terdapat  empat jenis pengeluaran untuk kebutuhan: survival (pokok), optional (sekunder), culture (penambah wawasan) dan extra (tak terduga). Catat setiap pengeluaran dan masukkan pada pos-pos tersebut.


4. Lakukan Analisa Pengeluaran 


Lakukan review dan analisa dari empat kelompok pengeluaran, bagian mana yang bisa dilakukan penghematan. Misalnya, pos pengeluaran sekunder seperti menonton film di bioskop bisa kamu kurangi dan alihkan untuk menambah jumlah uang yang kamu tabung. 


5. Sering-Sering Cek Saldo Rekening


Tips lainnya adalah sering memeriksa sisa saldo rekening. Ini bisa membantumu mengontrol keuangan dan lebih fokus dalam mengatur pengeluaran.


6. Utamakan Transaksi Menggunakan Uang Tunai


Di era digital ini metode pembayaran non tunai memang lebih disukai karena mudah dan praktis. Namun untuk keperluan transaksi yang tidak urgent, usahakan membayar secara cash. Alasannya, uang tunai memberikan gambaran nyata berapa jumlah uangmu dan kamu lebih aware terhadap nominal yang sudah dikeluarkan untuk berbelanja.


7. Tunda 24 jam Sebelum Membeli barang


Jangan buru-buru checkout keranjang belanja online ketika melihat barang yang kamu sukai. Pertimbangkan dulu, setidaknya sehari sebelum membelinya. Pikirkan apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan atau sekedar keinginan? Atau jangan-jangan kamu tergoda hanya karena diskon? 


Wujudkan Finansial Sehat dengan Menabung di Bank Digital


Sistem Menabung Kakeibo

https://images.pexels.com/photos/4474047/pexels-photo-4474047.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=400


Menerapkan sistem menabung Kakeibo lebih mudah dengan bank digital. Kamu dapat memanfaatkan digibank by DBS untuk membantumu mewujudkan finansial yang lebih baik.  Tersedia dua jenis tabungan yaitu rekening digibank dan Tabungan Maxi. Keduanya menawarkan keuntungan berlipat-lipat, yaitu : 


Proses buka rekening tabungan 100% digital, kamu hanya perlu verifikasi dengan fitur face biometric dan menyiapkan e-KTP & Selfie

Menawarkan bunga tinggi s.d. 7% per tahun (S&K Berlaku)

Fleksibel, bisa ditarik berkali-kali kapan saja tanpa biaya

Menyedikan 20 dompet, kamu bisa mengatur berbagai bujet keuangan dengan lebih rapi.


Menariknya lagi, menabung di digibank by DBS tidak membutuhkan minimum saldo. Kamu tidak perlu repot ke cabang untuk tanda tangan. Semua proses pembukaan rekening paperless. Cara buka tabungan juga mudah, tinggal unduh aplikasi digibank by DBS melalui Google Playstore atau AppStore. Lalu buat username dan sandi. Setelah itu kamu bisa login pada Aplikasi digibank by DBS dan melakukan verifikasi biometrik. Viola,rekening digibank-mu siap digunakan! Yuk, segera buka rekening di digibank by DBS dan terapkan sistem menabung Kakeibo! Informasi lebih lengkap,klik di sini!

>