Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Apa Saja Karakteristik Bioma Sabana

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 25 Januari 2024

 

Karakteristik Bioma Sabana

Sabana adalah salah satu bioma yang paling umum di dunia. Bioma ini dicirikan oleh padang rumput yang luas dengan pohon-pohon yang tersebar di sana-sini. Sabana ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Asia.


Karakteristik Abiotik Savana


Sabana memiliki iklim tropis atau subtropis dengan musim kemarau yang panjang dan musim hujan yang pendek. Suhu udara di sabana cenderung hangat sepanjang tahun, dengan rata-rata suhu tahunan sekitar 25 derajat Celcius. Curah hujan tahunan di sabana berkisar antara 500 hingga 1.500 milimeter.


Tanah di sabana biasanya tipis dan berpasir. Tanah ini kaya akan bahan organik, tetapi miskin akan mineral. Tanah di sabana juga memiliki drainase yang baik, sehingga mudah ditembus oleh air.


Karakteristik Biotik Savana


Flora di sabana didominasi oleh rumput. Rumput di sabana memiliki akar yang panjang dan kuat, sehingga dapat bertahan hidup di musim kemarau yang panjang. Di antara rerumputan, terdapat beberapa pohon yang tersebar. Pohon-pohon di sabana biasanya memiliki daun yang lebar dan tipis, sehingga dapat mengurangi penguapan.


Fauna di sabana sangat beragam. Beberapa hewan yang umum ditemukan di sabana antara lain:


  • Hewan herbivora, seperti zebra, gajah, dan antelop.
  • Hewan karnivora, seperti singa, harimau, dan cheetah.
  • Hewan omnivora, seperti babi hutan dan hyena.


Peran Bioma Sabana


Sabana memiliki peran penting bagi lingkungan. Sabana menyediakan habitat bagi berbagai hewan dan tumbuhan. Sabana juga berperan dalam siklus karbon dan air.


Sabana juga memiliki peran penting bagi manusia. Sabana digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pertanian, peternakan, dan pariwisata.


Ancaman terhadap Bioma Sabana


Sabana menghadapi berbagai ancaman, antara lain:


Pembukaan lahan untuk pertanian dan peternakan.

Perubahan iklim.

Perburuan dan perdagangan ilegal.

Ancaman-ancaman tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan hilangnya bioma sabana. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian bioma sabana.


Oke guys, itu dia artikelku terkait karakteristik bioma sabana, semoga membantu ya..

>