Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Berapa Lama Durasi Ngecas Aki Mobil? Ini Estimasi Waktunya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 21 Januari 2024

 

berapa lama waktu cas aki mobil

Performa sebuah mobil tidak hanya ditentukan oleh kekuatan mesin dan desain estetika yang memukau. Sumber daya utama yang tak boleh diabaikan adalah Aki mobil. Sebagai sumber listrik krusial, Aki mobil memegang peran penting dalam menjaga agar sistem listrik kendaraan beroperasi secara optimal. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terkait proses pengisian atau pengecasan Aki mobil menjadi suatu hal yang tak terhindarkan.


Dalam artikel ini, kita akan bersama-sama membahas pentingnya proses pengecasan Aki mobil. Kami akan membahas langkah-langkah yang perlu diperhatikan dan juga aspek biaya yang mungkin perlu Anda pertimbangkan. Mari, kita simak informasinya bersama!


Kenapa Aki Mobil Perlu Dicas?


Aki mobil membutuhkan pengecasan berkala karena menjadi sumber daya kritis dalam sistem listrik mobil. Ketika mesin mati, Aki memberikan tenaga untuk menghidupkan kembali sistem listrik dan memulai mesin. Selama perjalanan, Aki juga menangani permintaan daya dari berbagai sistem elektronik seperti penerangan, AC, radio, dan lainnya.


Seiring dengan penggunaan, Aki akan mengalami kehilangan daya dan menjadi lemah. Oleh karena itu, pengecasan Aki secara rutin diperlukan untuk menjaga kinerjanya tetap optimal. Hal ini juga berfungsi sebagai langkah pencegahan agar Aki tidak kehabisan daya secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan masalah atau membuat mobil tidak bisa menyala.


Mengenal Charger Aki Mobil


Charger Aki mobil adalah perangkat yang berperan penting dalam mengisi ulang daya Aki. Alat ini terhubung ke sumber listrik, seperti stopkontak rumah atau power outlet, dan kemudian dihubungkan ke Aki mobil untuk mengalirkan arus listrik.


Proses pengisian ulang daya Aki ini dikenal sebagai charging atau pengecasan. Charger Aki mobil umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti perlindungan dari arus berlebih, overcharging, atau pengisian berlebihan. Fitur-fitur ini bertujuan untuk menjaga agar Aki tidak rusak selama proses pengisian.


Charger Aki mobil dapat digunakan secara manual atau memiliki fitur otomatis yang berhenti mengisi daya setelah Aki mencapai tingkat penuh atau aman. Penggunaan charger Aki yang tepat dan rutin sangat penting untuk menjaga performa dan umur panjang Aki mobil.


Berapa Lama Durasi Cas Aki Mobil


Proses pengecasan Aki mirip dengan mengisi daya pada smartphone. Durasi pengecasan tergantung pada kapasitas Aki dan sebaiknya dilakukan di bengkel resmi. Anda dapat mengetahui lama pengecasan dengan melihat kapasitas Aki dalam Ampere Hour (AH) yang tertera di kemasan Aki.


Ada dua jenis pengisian yang sering ditemui, yaitu pengisian Aki cepat dan pengisian Aki lambat. Pengisian Aki cepat menggunakan arus tinggi, memungkinkan proses pengisian lebih singkat dan memungkinkan penggunaan mobil kembali dengan cepat. Di sisi lain, pengisian Aki lambat memanfaatkan arus kecil untuk pengisian yang lebih lama.


Apakah Pengisian Aki Cepat Lebih Efisien?


Pengisian Aki cepat menggunakan arus tinggi, biasanya sekitar 40%. Dengan arus yang tinggi ini, proses pengisian Aki menjadi lebih singkat, memungkinkan Anda untuk segera menggunakan mobil kembali. Banyak bengkel resmi yang menggunakan metode ini untuk mengisi daya Aki.


Untuk menghitung lama waktu pengisian Aki mobil dengan pengisian cepat, Anda perlu menentukan besar arus pengisian. Misalnya, jika Aki memiliki daya 12 Volt dan 40 AH, maka hitungannya adalah 40 x 40% = 16 Ampere. Dengan rumus sebelumnya, (40 AH / 16 AH) + (20% x 2,5) = 2,5 + 0,5 = 3 jam. Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya Aki dengan cara cepat adalah 3 jam.


Pengisian Aki lambat menggunakan arus listrik kecil, biasanya sekitar 10%. Meskipun memakan waktu lebih lama, pengisian Aki lambat memiliki keunggulan dalam menghindari overheating dan memberikan arus dengan intensitas rendah, yang lebih aman untuk Aki.


Waktu pengecasan Aki menggunakan metode ini tergantung pada kapasitas Aki mobil Anda. Anda dapat menghitungnya dengan rumus sederhana. Pertama, hitung besar arus pengisian (10% dari kapasitas Aki), misalnya 40AH x 10% = 4 Ampere. Selanjutnya, gunakan rumus (kapasitas Aki / Arus Pengisian) + (20% x Kapasitas Aki / Arus Pengisian). Contohnya, (40AH / 4AH) + (20% x 10) = 10 + 2 = 12 jam. Jadi, jika kendaraan Anda memiliki kapasitas Aki 12 Volt dan 40 AH, waktu pengisiannya dengan pengisian lambat adalah 12 jam.


Meskipun membutuhkan waktu lama, Anda dapat meninggalkan kendaraan terhubung dengan sumber listrik semalaman karena arus yang disalurkan kecil dan aman.


Melalui pemahaman mendalam mengenai pengecasan Aki mobil, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda selalu siap digunakan dan masa pakai Aki terjaga dengan baik. Dengan demikian, nikmati perjalanan tanpa hambatan dan pastikan mobilitas Anda selalu optimal!

>