Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Inilah 5 Perbedaan Pesut dan Lumba-lumba, Apa Saja?

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 21 Januari 2024

 

Perbedaan Pesut dan Lumba-lumba


Perbedaan Pesut dan Lumba-lumba


Pesut dan lumba-lumba adalah dua jenis mamalia air yang sering disalahartikan sebagai hewan yang sama. Keduanya memang memiliki kemiripan, seperti bentuk tubuh yang menyerupai ikan, memiliki ekor yang pipih, dan dapat bernapas di udara. Namun, sebenarnya kedua hewan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.


Klasifikasi


Pesut dan lumba-lumba memiliki klasifikasi yang berbeda. Pesut termasuk dalam ordo Phocoenidae, sedangkan lumba-lumba termasuk dalam ordo Delphinidae. Kedua ordo ini memiliki perbedaan dalam hal ukuran, bentuk tubuh, dan perilaku.


Habitat


Pesut biasanya hidup di sungai dan danau, sedangkan lumba-lumba biasanya hidup di laut. Pesut yang hidup di Indonesia adalah pesut Mahakam, yang hanya dapat ditemukan di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.


Bentuk tubuh


Pesut memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dan pendek dibandingkan lumba-lumba. Pesut juga memiliki sirip punggung yang kecil dan tumpul, sedangkan lumba-lumba memiliki sirip punggung yang besar dan melengkung.


Perilaku


Pesut adalah hewan yang lebih tenang dan pemalu dibandingkan lumba-lumba. Pesut biasanya hidup dalam kelompok kecil, sedangkan lumba-lumba biasanya hidup dalam kelompok besar.


Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan pesut dan lumba-lumba:

AspekPesutLumba-lumba
KlasifikasiOrdo PhocoenidaeOrdo Delphinidae
HabitatSungai dan danauLaut
Bentuk tubuhBulat dan pendekRamping dan panjang
Sirip punggungKecil dan tumpulBesar dan melengkung
PerilakuTenang dan pemaluAktif dan ramah

Perbedaan-perbedaan antara pesut dan lumba-lumba ini penting untuk diketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam identifikasi. Kedua hewan ini memiliki peran penting dalam ekosistem perairan, sehingga perlu dilindungi dari kepunahan.

>