Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Mengapa Pesut Mahakam Terancam Punah? Ini Alasannya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 21 Januari 2024


pesut mahakam terancam punah

Pesut Mahakam Terancam Punah - Pesut Mahakam adalah mamalia air yang hanya dapat ditemukan di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Pesut Mahakam adalah hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia, namun populasinya terus menurun dan terancam punah.


Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pesut Mahakam terancam punah, antara lain:


Penangkapan untuk diperdagangkan


Pesut Mahakam sering ditangkap untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan atau dibunuh untuk diambil daging dan minyaknya. Penangkapan pesut Mahakam secara ilegal masih terjadi, terutama di bagian hulu Sungai Mahakam.


Erosi sungai


Erosi sungai yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti penebangan hutan dan pembukaan lahan, menyebabkan hilangnya habitat pesut Mahakam. Sungai Mahakam yang semakin dangkal dan sempit membuat pesut Mahakam sulit untuk mencari makan dan berkembang biak.


Pencemaran air


Pencemaran air di Sungai Mahakam, terutama oleh limbah industri dan rumah tangga, juga berdampak negatif terhadap populasi pesut Mahakam. Pencemaran air menyebabkan berkurangnya ketersediaan makanan dan menurunnya kualitas air yang dapat menyebabkan pesut Mahakam terpapar penyakit.


Pemerintah Indonesia dan berbagai organisasi non-pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi pesut Mahakam, antara lain:


Penegakan hukum terhadap penangkapan pesut secara ilegal


Pemerintah Indonesia telah membentuk tim patroli khusus untuk menjaga Sungai Mahakam dari penangkapan pesut secara ilegal.


Pemeliharaan habitat pesut


Pemerintah Indonesia dan berbagai organisasi non-pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memelihara habitat pesut Mahakam, seperti reboisasi hutan di sekitar Sungai Mahakam dan melakukan pengukuran kualitas air.


Edukasi masyarakat


Pemerintah Indonesia dan berbagai organisasi non-pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melindungi pesut Mahakam, seperti melalui kampanye dan sosialisasi.


Upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut perlu terus ditingkatkan agar populasi pesut Mahakam dapat diselamatkan dari kepunahan.

>