Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Menggali Potensi Anak Melalui Pembelajaran Menyenangkan dengan Sistem Montessori di PAUD Albata

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 12 Januari 2024
PAUD Montessori Albata


Pendidikan anak usia dini memainkan peran penting dalam membentuk fondasi perkembangan anak. Salah satu lembaga yang semakin diakui dan diterapkan secara luas yakni PAUD Montessori.


Sistem Montessori ini menekankan pembelajaran yang holistik, memandang anak sebagai individu yang memiliki potensi besar. Dalam artikel ini, kita akan mengupas bagaimana pembelajaran yang menyenangkan dengan sistem Montessori dapat membantu menggali potensi anak sejak usia dini.


Sistem Montessori adalah pendekatan pendidikan yang menekankan kemandirian, eksplorasi, dan penghargaan terhadap perkembangan alami anak. Maria Montessori mengembangkan sistem ini pada awal abad ke-20, dan sejak itu, konsep ini telah menjadi landasan bagi banyak lembaga pendidikan anak usia dini di seluruh dunia.


Berikut adalah beberapa kelebihan pendidikan anak dengan sistem Montessori:


Pembelajaran Menyenangkan dan Kreatif


Salah satu aspek kunci dari sistem Montessori adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Anak-anak diajak untuk belajar melalui permainan dan kegiatan yang menarik minat mereka. Ruang kelas Montessori biasanya dilengkapi dengan berbagai peralatan pendidikan khusus yang dirancang untuk merangsang perkembangan yang meliputi 5 area montessori dan menjawab rasa ingin tahu anak.


Kemandirian dan Kebebasan


Dalam sistem Montessori, kemandirian dan kebebasan dipandang sebagai elemen penting. Anak diberi kesempatan untuk memilih kegiatan mereka sendiri dan mengelola waktu mereka, mengembangkan rasa tanggung jawab dan inisiatif. Inilah yang membantu anak menggali potensi kreatif dan kepemimpinan mereka.


Pengembangan Kemampuan Sosial dan Emosional


Sistem Montessori tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pengembangan kemampuan sosial dan emosional anak. Kolaborasi, komunikasi, dan resolusi konflik diajarkan melalui kegiatan kelompok dan interaksi antar anak.


Meningkatkan Potensi dan Keterampilan Personal


Setiap anak dianggap sebagai individu yang unik dengan potensi sendiri. Sistem Montessori memberikan perhatian khusus pada perkembangan keterampilan personal seperti kemandirian, ketahanan, dan penyelesaian masalah. Ini menciptakan landasan yang kokoh untuk pengembangan potensi anak.


Lingkungan Belajar yang Mendukung


Lingkungan fisik di ruang kelas Montessori didesain untuk merangsang kreativitas dan eksplorasi. Peralatan pendidikan yang terstruktur secara estetis memberikan kesempatan bagi anak untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran secara langsung, mengasah indra mereka, dan memperdalam pemahaman mereka tentang dunia.


Melibatkan Kolaborasi dengan Orang Tua


Penting untuk menciptakan kemitraan antara lembaga pendidikan Montessori dan orang tua. Kolaborasi ini memungkinkan pengembangan holistik anak karena orang tua dapat mendukung pembelajaran di rumah dan terlibat dalam proses pendidikan anak.


Albata, Lembaga Pendidikan Anak dengan Menerapkan Sistem Montessori


sistem pembelajaran montessori


Albata merupakan lembaga pendidikan Islam yang secara khusus menitikberatkan pada pemberian materi Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin, dan Tahfidz untuk anak-anak. Pendekatan pengajaran yang diusung adalah "fun learning," yang mengadopsi metode Montessori.


Lembaga ini menyediakan beragam kelas, salah satunya Toddler Class Offline (Visit Albata), yang ditujukan untuk anak usia 1 tahun - Pra TK. Dimana setiap bulannya, diadakan 4 pertemuan, dengan durasi 60 menit per pertemuan. Salah satu pertemuannya diisi dengan kegiatan Field Trip ke tempat yang mendukung anak untuk belajar melalui pengalaman yang nyata seperti ke dinas pemadam kebakaran, farmhouse, kebun hidroponik, kebun binatang, cooking class dan yang lainnya. Dengan pendekatan Fun Learning yang mengadopsi metode Montessori, pengajaran disusun untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak. 


Albata hadir sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengutamakan pembentukan karakter anak-anak melalui fokus pada pendidikan tauhid, adab, fiqih, sirah, dan tahsin. Untuk menjamin kualitas pembelajaran, setiap kelas dibatasi maksimal hanya dengan 10 murid, yang dibimbing oleh dua guru. 


Pengajar (ustadzah) yang ahli dipilih melalui seleksi ketat dari universitas ternama, menjamin bahwa anak-anak menerima panduan dari individu yang berkualitas dan berkompeten. Selain itu, fasilitas kelas yang disediakan dirancang untuk mendukung proses pembelajaran secara optimal, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan memotivasi.


Yuk, coba kelas Albata untuk anak usia dini, dengan metode Montessori yang menyenangkan dan mudah dipahami, membuat potensi anak dapat digali dengan maksimal.


>