Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Perbedaan Perubahan Primer dan Sekunder

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 24 Januari 2024

 

Perbedaan perubahan primer dan sekunder

Pubertas adalah masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada masa ini, terjadi perubahan fisik dan hormonal yang signifikan pada tubuh. Perubahan-perubahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu perubahan primer dan sekunder.


Perubahan primer adalah perubahan yang berkaitan langsung dengan fungsi reproduksi. Perubahan ini terjadi pada organ-organ reproduksi, seperti testis, ovarium, dan uterus. 


Pada laki-laki, perubahan primer ditandai dengan tumbuhnya testis dan penis, serta mulai diproduksinya sperma. Pada perempuan, perubahan primer ditandai dengan mulai menstruasi, tumbuhnya payudara, dan perkembangan organ reproduksi lainnya. 


Perubahan sekunder adalah perubahan yang tidak berkaitan langsung dengan fungsi reproduksi, tetapi menandakan kematangan seksual. Perubahan ini dapat dilihat dari perubahan fisik, seperti pertumbuhan tinggi badan, perubahan bentuk tubuh, dan munculnya rambut di tempat-tempat tertentu. 


Pada laki-laki, perubahan sekunder ditandai dengan tumbuhnya rambut di wajah, ketiak, dan kemaluan, serta suara yang lebih berat. Pada perempuan, perubahan sekunder ditandai dengan tumbuhnya rambut di ketiak dan kemaluan, serta payudara yang lebih besar. 


Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut:

Perbedaan antara perubahan primer dan sekunder

KriteriaPerubahan primerPerubahan sekunder
FungsiBerkaitan langsung dengan fungsi reproduksiTidak berkaitan langsung dengan fungsi reproduksi
LokasiOrgan-organ reproduksiTubuh secara keseluruhan
Tanda-tandaTumbuhnya organ reproduksi, seperti testis dan penis pada laki-laki, serta ovarium dan uterus pada perempuanPertumbuhan tinggi badan, perubahan bentuk tubuh, dan munculnya rambut di tempat-tempat tertentu
Waktu terjadinyaBiasanya terjadi lebih awalBiasanya terjadi lebih lambat

Kesimpulan


Perubahan primer dan sekunder adalah dua jenis perubahan yang terjadi pada masa pubertas. Perubahan primer berkaitan langsung dengan fungsi reproduksi, sedangkan perubahan sekunder tidak berkaitan langsung dengan fungsi reproduksi, tetapi menandakan kematangan seksual.
>