Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Perpindahan Panas Secara Radiasi dan Contohnya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 25 Januari 2024

Perpindahan Panas Secara Radiasi dan Contohnya


Perpindahan Panas Secara Radiasi


Perpindahan panas adalah proses perpindahan panas dari suatu benda ke benda lain. Perpindahan panas dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi.


  1. Konduksi adalah perpindahan panas melalui kontak langsung antara dua benda. Misalnya, ketika kita memegang sendok yang panas, panas dari sendok akan berpindah ke tangan kita melalui konduksi.
  2. Konveksi adalah perpindahan panas melalui perantara zat cair atau gas. Misalnya, ketika kita merebus air di panci, panas dari api akan berpindah ke air melalui konveksi.
  3. Radiasi adalah perpindahan panas melalui gelombang elektromagnetik. Misalnya, ketika kita duduk di bawah sinar matahari, panas dari matahari akan berpindah ke tubuh kita melalui radiasi.


Pengertian Perpindahan Panas Secara Radiasi


Perpindahan panas secara radiasi adalah perpindahan panas tanpa melalui zat perantara. Perpindahan panas ini terjadi melalui gelombang elektromagnetik.


Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang terdiri dari medan listrik dan medan magnet yang saling tegak lurus dan merambat secara transversal. Gelombang elektromagnetik dapat merambat melalui ruang hampa.


Contoh Perpindahan Panas Secara Radiasi


Berikut adalah beberapa contoh perpindahan panas secara radiasi:


  1. Panas dari matahari yang sampai ke bumi.
  2. Panas dari api unggun yang sampai ke tubuh kita.
  3. Panas dari oven yang sampai ke makanan.
  4. Panas dari lampu pijar yang sampai ke ruangan.


Kecepatan Perpindahan Panas Secara Radiasi


Kecepatan perpindahan panas secara radiasi bergantung pada beberapa faktor, yaitu:


1. Frekuensi gelombang elektromagnetik. Semakin tinggi frekuensi gelombang elektromagnetik, semakin cepat pula kecepatan perpindahan panasnya.


2. Tingginya temperatur sumber panas. Semakin tinggi temperatur sumber panas, semakin cepat pula kecepatan perpindahan panasnya.


3. Karakteristik permukaan benda. Permukaan benda yang mengkilap akan memantulkan lebih banyak gelombang elektromagnetik dibandingkan permukaan benda yang kusam. Akibatnya, perpindahan panas secara radiasi pada benda yang mengkilap akan lebih lambat dibandingkan pada benda yang kusam.


Kesimpulan


Perpindahan panas secara radiasi adalah perpindahan panas melalui gelombang elektromagnetik. Perpindahan panas ini terjadi tanpa melalui zat perantara. Contoh perpindahan panas secara radiasi adalah panas dari matahari yang sampai ke bumi, panas dari api unggun yang sampai ke tubuh kita, dan panas dari oven yang sampai ke makanan.

>