Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Apa Itu Content Placement dalam Digital Marketing

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 01 Februari 2024

 

apa itu content placement

Zaman sekarang, semua hal jadi serba digital. Orang-orang lebih sering menghabiskan waktu mereka di internet, baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar bersenang-senang. Hal ini tentu saja membuka peluang yang besar bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara digital.


Nah, ada banyak cara untuk mempromosikan produk atau jasa secara digital. Salah satunya adalah dengan menggunakan content placement. Mudahnya, content placement itu merupakan strategi pemasaran digital yang melibatkan penempatan konten atau artikel promosi di situs web atau blog milik pihak lain. 


Tapi sebenarnya, seperti apa sih Content Placement itu? Dan apa dampaknya untuk bisnis kita? Untuk menjawabnya, simak artikel berikut


Apa itu Content Placement?


Content placement adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan penempatan konten atau artikel promosi di situs web atau blog milik pihak lain. Ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun reputasi, meningkatkan eksposur, atau mendapat backlink.


Content placement dapat berupa artikel review, testimoni, atau edukasi. Konten tersebut biasanya ditulis dengan gaya yang informatif dan menarik, sehingga pembaca merasa seperti mendapatkan informasi yang bermanfaat.


Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Dengan menempatkan konten yang menarik dan informatif di situs web atau blog yang memiliki traffic tinggi, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan brand awareness.


Contoh Content Placement


content placement terbaik

Oh iya, blogku sendiri sudah ratusan kali menerima tawaran pemasangan content placement dengan harga yang bervariasi, bahkan ada yang menghargai dengan nilai yang fantastis. Itu semua bisa saja bervariasi terkait bagaimana cara suatu perusahaan menghargai "value" atau nilai dari blogku. 


Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya terkait seperti apa sih contoh content placement itu? Berikut beberapa contohnya yang bisa dijadikan referensi:


10 Inspirasi Desain Rumah Mewah Ala Eropa

5 Fakta Menarik Seputar Uang, Ada yang Pakai Batu?

7 Motif Batik yang Populer di Indonesia


Intinya, artikel yang akan dijadikan content placement itu harus informatif, menarik, dan menambah pengetahuan pembaca, sehingga terjadi "action" seperti mengklik link dan action lainnya.


Kalau Content Placement Artikel Disediakan Oleh Siapa?


Nah ini yang sering ditanyakan. Sebenarnya artikel content placement itu disiapkan oleh klien atau blogger, sih? 


Ketika dilihat dari namanya, "placement" yakni peletakan. Artinya, konten itu sudah disiapkan oleh advertiser atau klien, dan tinggal diunggah di blog saja. Tentunya dengan hal ini, ada dua poin utama yang bisa didapatkan oleh klien, yakni: 


1. Diberikan kebebasan untuk menentukan jenis artikel mau soft-selling atau hard-selling

2. Bebas untuk meletakkan keyword atau kata kunci yang berisi link ke situs klien

Manfaat Content Placement


manfaat content placement

Bagi blogger, manfaatnya jelas mendapatkan penghasilan yang bisa digunakan untuk maintenance blog, maupun keperluan lainnya. Selain itu, blogger juga mendapatkan keuntungan berupa artikel gratis dari klien.


Sedangkan, bagi klien ada 3 manfaat yang bisa diperoleh dari content placement, antara lain:


1. Membangun Reputasi


Content placement dapat membantu klien membangun reputasi bagi halayak umum. Dengan menulis konten yang informatif dan berkualitas, klien dapat menunjukkan kepada pembaca bahwa perusahaan atau brand memiliki reputasi serta pengalaman yang luas.


2. Meningkatkan Eksposur


Content placement dapat membantu dalam meningkatkan eksposur merek. Dengan menempatkan konten tersebut di situs web atau blog yang memiliki traffic tinggi, maka dapat menjangkau lebih banyak orang dan memperkenalkan brand tersebut kepada mereka.


3. Mendapat Backlink


Backlink adalah tautan dari situs web lain ke situs web yang kalian miliki. Backlink dapat membantu meningkatkan peringkat situs web kalian di mesin pencari. Content placement dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan backlink berkualitas.


Lalu, bagaimana cara mendapatkannya?


Cara Mendapatkan Blog untuk Content Placement


Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan content placement, antara lain:


  • Bergabung dengan jaringan content placement: Ada beberapa jaringan content placement yang dapat membantu untuk menemukan situs web atau blog yang bersedia menerbitkan konten tersebut.
  • Menghubungi situs web atau blog secara langsung: Kalian juga bisa menghubungi situs web atau blog secara langsung untuk menawarkan konten tersebut, baik melalui email maupun sosial media lainnya.
  • Berkolaborasi dengan blogger: Kalian dapat berkolaborasi dengan blogger untuk menulis konten bersama.


Tutorial Content Placement di Situs Faisol.id


cara content placement di blogger


Mungkin di antara kalian ada yang tertarik untuk content placement di blog ini, boleh banget. Tidak perlu khawatir, kami memiliki blog yang terawat, dengan Domain Authority (DA) yang tinggi, traffic yang lumayan, artikel juga terus update dan nyaman untuk dibaca. Oleh karena itu, jika ingin pasang content placement di faisol.id caranya mudah banget:


1. Siapkan artikel minimal 500 kata (Bebas tentang apa-pun, boleh bisnis, kecantikan, atau hal-hal lainnya selama tidak mengandung konten negatif)

2. Kirimkan penawaran content placement (seperti contoh di atas) melalui emailku: faisolabrori5@gmail.com 

3. Jika tercapai kesepakatan, kirim artikel yang telah disiapkan

4. Artikel tayang

5. Setelah dicek dan sesuai, maka advertiser membayar sesuai nominal kesepakatan


Sangat mudah, kan?


Kesimpulannya, content placement adalah strategi pemasaran digital yang dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Dengan melakukan content placement dengan benar, kalian dapat membangun reputasi, meningkatkan eksposur, hingga mendapatkan backlink berkualitas, dan yang terutama memperkuat "brand awareness".


Yuk, jangan lupa content placement di faisol.id

See you guys..

>