Kategori Berita

ZMedia

Manfaat Digital Marketing Dan Apa Saja Strategi Yang Bisa Dipilih

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Senin, 29 April 2024

 


Pemanfaatan teknologi sekarang ini sangat membantu untuk membuat bisnis dapat lebih berkembang. Hal tersebut didapatkan dari cara pemasaran yang sekarang ini bisa menggunakan digital marketing atau pemasaran online secara digital. 


Manfaat digital marketing sangat membantu semua usaha mendapatkan pasar dan konsumen, sehingga banyak usaha bisa berkembang termasuk juga UMKM yang bisa mendapatkan keuntungan.


Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan digital marketing untuk bisnis yang dipunyai, meliputi seperti berikut ini:


Manfaat yang pertama dari penggunaan digital marketing untuk pemasaran adalah dapat untuk membuat target pasar yang dipunyai akan lebih sesuai. Pemasaran konvensional seperti menggunakan baliho, poster, dan poster akan membuat target pasar yang kurang spesifik. Berbeda dengan menggunakan digital marketing yang mempunyai keunggulan dapat mengenal target pasar yang lebih sesuai. Hal tersebut juga memberikan keunggulan karena bisa melakukan langkah promo yang disesuaikan dengan target pasar yang dipunyai oleh bisnis Anda.


Manfaat pemasaran digital juga memberikan keunggulan dengan data yang jelas untuk menentukan langkah yang lebih tepat, sehingga memberikan hasil yang juga lebih menguntungkan.


Manfaat selanjutnya juga bisa untuk mempunyai jangkauan dengan target pasar yang lebih besar dan luas karena tidak terbatas pada daerah tetapi juga bisa sampai ke luar negeri.


Pemanfaatan digital marketing juga memberikan keuntungan dengan lebih hemat biaya dari cara pemasaran yang lebih murah dan efektif digunakan.


Pemanfaatan digital marketing mempunyai keunggulan dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan pada produk dengan bisa menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen.


Berbagai manfaat digital marketing tersebut tentunya bisa didapatkan dengan penggunaan strategi yang tepat. Ada banyak sekali platform yang bisa dipilih untuk bisa melakukan pemasaran secara online yang bisa disesuaikan dari budget yang dipunyai, produk yang ditawarkan, target pasar yang dipunyai, dan juga berbagai hal lainnya. 


Contohnya saja untuk beberapa strategi digital marketing yang bisa digunakan dan manfaat yang didapatkan adalah berikut ini:


1. SEM


Strategi pertama yang bisa digunakan adalah menggunakan Search Engine Marketing atau SEM. Jenis ini merupakan cara melakukan digital marketing yang bisa untuk menggunakan mesin penelusuran sehingga bisa untuk melakukan pemasaran yang tepat digunakan sesuai dengan trend dan berbagai hal lainnya. SEM ini bisa menggunakan dua metode yang dipunyai yang pertama adalah SEO yaitu untuk bisa membantu optimasi konten agar bisa mencapai posisi pertama di mesin pencarian. 


Sedangkan untuk metode selanjutnya adalah PPC yaitu Pay Per Click sebagai marketing yang digunakan untuk bisa membayar penyedia iklan sehingga bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Keduanya bisa digunakan sebagai strategi yang diambil untuk meningkatkan perkembangan bisnis yang dipunyai dengan layanan Search Engine Marketing secara digital.


2. Mitra afiliasi


Strategi selanjutnya yang bisa diambil adalah menggunakan jasa dari influencer sebagai mitra afiliasi. Sekarang ini banyak orang yang mengikuti kegiatan orang yang dianggap sebagai influencer yang ada di berbagai media sosial. Sehingga dampak dari influencer tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan digital marketing untuk bisa melakukan promosi pada produk dan jasa yang ditawarkan. Pilih mitra afiliasi yang cocok untuk dapat mengiklankan produk dan jasa dengan pemasaran konten yang bisa menarik banyak atensi dari konsumen secara luas.


3. Pemasaran sosial media


Strategi lainnya yang juga bisa digunakan untuk digital marketing adalah pemasaran lewat sosial media. Cara ini bisa menggunakan optimasi konten promosi bisnis yang dipunyai lewat berbagai iklan yang dibuat dengan kreatif dan kemudian dipost di media sosial. Pemasaran lewat sosial media ini bisa menggunakan banyak platform yang digunakan utamanya untuk target pasar yang dipunyai. Manfaatkan juga fitur dan layanan khusus dari sosial media sehingga bisa mendukung marketing yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien.


Selain cara di atas tentunya masih banyak strategi lainnya yang bisa digunakan untuk melakukan digital marketing. Sehingga dengan menggunakan strategi yang tepat akan bisa mendapatkan manfaat digital marketing lebih optimal untuk bisnis. Pelajari mengenai digital marketing tersebut dengan mudah di program pelatihan bersertifikat dari Prasmul-ELI dengan menghubungi kontak +62 811 1991 1168 sekarang juga.

>