Kategori Berita

ZMedia

Berbagai Manfaat QRIS Baik Untuk Konsumen Maupun Merchant

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Selasa, 23 April 2024

 


Banyak merchant yang sekarang ini tidak hanya menyediakan fasilitas pembayaran lewat mesin EDC saja, melainkan yang terbaru sekarang sudah ada QRIS, siapa yang tidak kenal dengan layanan yang satu ini, begitu populer beberapa tahun belakangan, bahkan di awal kemunculannya setiap transaksi yang dilakukan lewat QRIS ini mendapatkan diskon istimewa yang dapat dinikmati, jadi banyak yang kemudian tertarik untuk mencobanya.


Rata-rata perbankan di Indonesia sudah menyediakan fitur transaksi dengan mengandalkan QRIS ini, termasuk diantaranya nasabah BCA, tidak hanya untuk konsumen saja, karena fitur ini juga dapat digunakan oleh para pelaku usaha atau yang sedang menjalankan bisnis. 


Umumnya di gerai yang menawarkan transaksi lewat QRIS tentunya sudah ada sebuah papan yang dapat discan dalam melakukan pembayaran. Transaksi semacam ini tidak hanya populer di kalangan orang dewasa saja, melainkan juga untuk anak-anak, apalagi anak-anak zaman sekarang.


Transaksi yang dilakukan dengan QRIS ini terbilang cukup populer saat ini, bahkan manfaat yang diberikan tidak hanya dapat dirasakan oleh konsumen saja, melainkan juga merchant, berikut ini sederet manfaat yang dapat dirasakan, yaitu:


Bagi konsumen:


1. Tidak perlu sedia uang cash, karena sekarang ini ingin belanja apapun asalkan gerai tersebut punya layanan transaksi lewat QRIS maka konsumen hanya tinggal scan saja. Otomatis karena memang tidak membawa uang tunai akan jauh lebih aman bagi Anda bukan, resiko tidak kejahatan juga lebih kecil terjadinya.


2. Transaksi jadi lebih mudah, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa dengan adanya QRIS ini akan sangat membantu transaksi Anda menjadi jauh lebih mudah, khususnya dalam melakukan pembayaran, dimana tidak perlu menghitung uang, cukup tinggal discan saja sudah bisa melakukan pembayaran.


3. Dapat meminimalisir resiko kesalahan perhitungan, khususnya adalah dalam hal kembalian yang cukup umum terjadi, khususnya dilakukan oleh para oknum kasir nakal. Mengingat banyak orang yang punya kebiasaan tidak pernah menghitung kembaliannya pada saat berbelanja, jadi bisa saja tertipu karena jumlah yang diberikan kurang.


Bagi merchant:


1. Menyediakan lebih banyak alternatif pembayaran, sedangkan bagi merchant atau toko, dengan adanya QRIS maka toko ini sudah menyediakan lebih banyak pilihan atau alternatif sarana pembayaran, tidak hanya bisa tunai saja, melainkan juga bisa cashless. Mengingat di zaman sekarang lebih banyak orang yang menyukai transaksi berbasis cashless dibandingkan secara tunai, jadi sangat membantu.


2. Transaksi menjadi lebih cepat, istilahnya adalah dapat meringankan kerja kasir, karena tidak perlu lagi menghitung uang, cek keaslian uang tersebut, sekaligus juga memberikan kembalian, semuanya bisa lebih praktis ketika konsumen memilih untuk membayar dengan memakai QRIS, karena bisa langsung diatur nominalnya, sehingga tidak perlu lagi mencari kembalian. Waktu yang dibutuhkan untuk menangani satu transaksi nantinya juga lebih cepat.


3. Meminimalisir resiko penipuan, tindak kejahatan seperti diantaranya adalah penyebaran uang palsu masih sering terjadi belakangan ini, banyak juga yang menjadi korbannya, termasuk kasir yang harus menalangi atau mengganti kerugian yang sudah masuk tersebut. Namun tindak kejahatan semacam ini dapat dihindari dengan transaksi secara digital atau cashless, karena uang yang masuk bentuknya adalah digital, yaitu langsung masuk kedalam rekening, sehingga otomatis nantinya tidak memegang uang tunai sama sekali, sehingga resiko mendapatkan uang palsu juga kecil.


Pemilik usaha bisa dengan mudah memantau transaksi yang berjalan, karena setiap uang yang masuk nantinya sudah ada laporan atau catatan yang terhubung dengan email, seperti yang ada pada Merchant BCA ini, semua transaksi yang masuk baik itu melalui EDC BCA maupun QRIS otomatis nantinya akan tercatat di dalam laporan yang ada, sehingga mudah untuk dipantau jika ada pihak yang melakukan kecurangan, apalagi owner tidak selalu ada di toko.


Ajukan layanan QRIS ke bank BCA, sebagai merchant Anda berhak untuk menikmati fasilitas tersebut. Jangan khawatir karena pengajuannya dapat dilakukan secara gratis atau tidak dipungut biaya. Bahkan sekarang bisa meminta pengajuan lewat aplikasi Merchant BCA, satu aplikasi yang bisa dipakai untuk berbagai hal, unduh aplikasinya disini bagi pengguna Android, dan di link berikut ini untuk pengguna iOS.

>