Kategori Berita

ZMedia

Edukasi Masyarakat Terkait Penggunaan Obat, Apa Saja Manfaatnya?

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 16 Mei 2024

 


Maraknya peredaran obat ilegal dan penggunaan obat yang tidak semestinya di masyarakat menjadi isu serius yang mengancam kesehatan publik. Obat-obatan ilegal sering kali tidak memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan, sehingga penggunaannya dapat menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan, mulai dari timbulnya berbagai efek samping, hingga paling parah dapat menimbulkan overdosis.


Banyak orang menggunakan obat resep tanpa petunjuk dokter untuk tujuan yang tidak sesuai, seperti untuk meningkatkan kinerja, mengatasi stres, atau rekreasi. Hal ini tidak hanya berpotensi menyebabkan ketergantungan dan penyalahgunaan, tetapi juga dapat memperburuk kondisi kesehatan yang ada atau menimbulkan penyakit baru. 


Di sinilah letak pentingnya edukasi masyarakat mengenai bahaya obat ilegal dan pentingnya penggunaan obat sesuai anjuran medis untuk melindungi masyarakat dari risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh obat-obatan ilegal dan penggunaan yang tidak semestinya.


Apa saja manfaat edukasi terkait penggunaan obat? Simak selengkapnya berikut ini.


Manfaat Edukasi Penggunaan Obat


Edukasi masyarakat terkait penggunaan obat memiliki banyak manfaat penting yang berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan umum, antara lain:


1. Meningkatkan Kepatuhan Terhadap Pengobatan


Dengan edukasi yang baik, pasien akan mengetahui petunjuk penggunaan obat dengan benar, termasuk dosis yang tepat, waktu penggunaan, dan cara pemakaian yang sesuai. Edukasi yang baik melibatkan pemberian informasi yang jelas dan mudah dipahami mengenai bagaimana dan kapan obat harus diminum, serta pentingnya mematuhi jadwal dan dosis yang telah ditentukan oleh dokter. 


Ketika pasien memahami alasan di balik instruksi ini, mereka lebih cenderung untuk mengikutinya dengan konsisten.


2. Mengurangi Risiko Efek Samping


Nah, pengetahuan yang baik tentang obat juga dapat membantu masyarakat memahami potensi efek samping dan cara mengelolanya. Saat pasien menerima edukasi yang jelas mengenai obat yang mereka konsumsi, mereka menjadi lebih sadar akan kemungkinan efek samping yang mungkin timbul. 


Informasi ini termasuk gejala yang harus diwaspadai dan tindakan yang harus diambil jika efek samping terjadi. Dengan mengetahui apa yang diharapkan, pasien dapat dengan cepat mengenali dan melaporkan efek samping kepada penyedia layanan kesehatan, yang dapat memberikan penanganan yang tepat.


3. Meminimalisir Penyalahgunaan Obat


Edukasi dapat mengurangi penggunaan obat yang tidak perlu atau penggunaan yang tidak tepat, seperti penggunaan antibiotik untuk infeksi virus yang tidak memerlukannya. Banyak orang kurang memahami bahwa antibiotik hanya efektif melawan bakteri dan tidak akan bekerja melawan virus, seperti yang menyebabkan flu atau pilek. 


Akibatnya, ada kecenderungan untuk menggunakan antibiotik secara berlebihan atau tanpa panduan medis yang tepat. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat ini bukan hanya tidak efektif, tetapi juga berpotensi menyebabkan resistensi antibiotik.


Dengan demikian, edukasi yang komprehensif dan terus-menerus tentang penggunaan obat yang benar dapat membantu mengurangi kasus penggunaan obat yang tidak perlu atau tidak tepat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. 


PAFI dan Edukasi Penggunaan Obat untuk Optimalisasi Kesehatan Masyarakat Indonesia



Berbicara edukasi penggunaan obat, tidak bisa lepas dari peran penting Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi yang dibentuk pada 13 Februari 1946 ini merupakan organisasi profesi tertua di Indonesia yang turut berperan dalam mengedukasi masyarakat, khususnya terkait penggunaan obat-obatan dan farmasi.


PAFI kemudain menjadi wadah untuk menghimpun seluruh tenaga farmasi di Indonesia, yang tujuan utamanya untuk mempertinggi taraf kesejahteraan umum, utamanya di bidang kesehatan masyarakat dan farmasi. Perjalanan panjang ini, mengantarkan PAFI menjadi organisasi yang tidak hanya menghimpun ahli farmasi, namun juga penting dalam pembangunan negara. Untuk informasi selengkapnya mengenai PAFI, bisa klik https://pafikuburaya.org/

>