Pages

Tuesday, 20 June 2017

Industri Kreatif Surabaya, Wadah Remaja Penuh Kreasi


Halo sobat ? Bicara industri kreatif di Indonesia, aku selalu teringat kota yang memiliki lambang yang begitu khas, yakni hiu dan buaya. Dimana lagi, kalau bukan di Kota Surabaya.
ASAL-USUL INDUSTRI KREATIF
Industri Kreatif pertama kali muncul di kota Surabaya. Pernyataan ini menurut Sineas Garin Nugroho, bahwa industri kreatif berasal dari Surabaya, ditandai dengan adanya kelompok komedi Stambul.

"Komedi Stambul berdiri di Surabaya sekitar tahun 1900-an. Saat itu, Surabaya juga dikenal sebagai tempat hijrah terbesar di dunia" Katanya pada seminar Film Indonesia sebagai industri kreatif di Fakultas Sastra universitas Jember.
Oh iya sob, Sineas Garin Nugroho merupakan sutradara yang memiliki segudang prestasi. Dan sering mendapat penghargaan di nasional maupun internasional. Bangga banget ya....

Pada kesempatan itu, Garin Nugroho mengajak mahasiswa program studi televisi dan Film fakultas sastra, Universitas Jember, untuk terus mengasah sensitivitas dalam berkarya.

Wahhhh, kita harus patut bangga, dan harus berpikir lebih kedalam, mengenai potensi apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk dikreasikan menjadi benda atau kerajinan yang bernilai ekonomis.

Kembali ke topik utama, kita akan membahas Industri Kreatif di Surabaya ini. Yukk kita intip, sampai mana sih, Surabaya berkembang sebagai kota awal munculnya industri kreatif di Indonesia. Ini dia.....

LANGKAH PEMKOT SURABAYA UNTUK MEWADAHI INDUSTRI KREATIF


Dengan adanya acara Geekfest yang merupakan wadah bagi para anak muda yang memiliki kreativitas untuk turut serta membangun kota Surabaya menjadi industri kreatif yang lebih baik kedepannya. Acara Geekfest ini berlangsung selama 2 hari ( 20-21 Mei 2017 ) Yang sekaligus menjadi penanda HJKS ( Hari Jadi Kota Surabaya ) ke-724 dan hari kebangkitan Nasional.

Menurut Ibu Risma ( Walikota Surabaya ), mimpinya untuk menjadikan Surabaya sebagai kota industri Kreatif yang maksimal akan segera terwujud. "Kini, Surabaya sudah menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda secara maksimal" Kata Ibu Risma, di sela-sela pembukaan di gedung eks-siola Lt. 1 dan Lt. 3, pada hari Minggu, (21/5/2017)

Oh iya gaes, Ibu Risma berjanji untuk membangun tempat belajar dan diskusi yang akan diletakkan di gedung Siola Lt. 3, hebohnya lagi, nih gaes.... Tempat tersebut akan dibuka 24 Jam Non Stop, disertai mentor untuk menerangkan maupun menjawab pertanyaan dari mereka yang ingin belajar mengenai industri kreatif.

Walikota perempuan pertama di kota Surabaya tersebut juga berencana akan membangun gedung lagi seluas 3000m², dengan tujuan untuk menampung lebih banyak, anak-anak muda yang akan menjadi pemegang industri kreatif di kota tersebut.

"Ruang sudah disiapkan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk mengatakan tidak ada wadah bagi mereka" tegas ibu Risma.

Usai memberi sambutan kepada para pelaku industri kreatif yang dihuni anak-anak muda ini, ibu Risma memberikan sertifikat dan piagam penghargaan yang diadakan oleh komunitas tatarupa berkat dukungan terhadap usaha UKM melalui desain kemasan produk yang dibuat.

Berbicara anak muda nan kreatif nih, Surabaya juga mengadakan ASTRA Start-up Challenge, dengan idenya, Inspirasi 60 Tahun Astra, yang peduli terhadap perkembangan kemajuan industri kreatif di dunia digital ini.

Astra Start-up Challenge, atau yang biasa dikenal dengan sebutan ASC ini, adalah rangkaian acara, yang bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan UMKM untuk meningkatkan motivasi dan inovasi, untuk anak-anak muda yang penuh dengan ide kreatif.

Inspirasi 60 Tahun Astra, Untuk Surabaya

10 comments:

  1. Wih seru juga yah kalo ada wadah tempat kita berkreasi apalagi kalo didukung pemerintah setempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget, mas Irwin, pokoknya anak muda ngerasa masih dipedulikan oleh pemerintah

      Delete
  2. Semoga kreativitasnya semakin didukung oleh pemerintah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnnn, jadi makin dukung program pemerintah nih, makasih udh mampir ya mbak

      Delete
  3. Surabayaa makin menginspirasi yaaak. . Selain banyak berkembang industri kreatif juga makin hijau kota surabaya. Keceee pokoknya. Salut 😁

    ReplyDelete
  4. Hebat idenya. Anak2 muda diberikan wadah untuk mengembangkan ide kreatifnya. Semoga menjadi inspirasi untuk daerah2 lainnya.

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Kreatif banget ya mas, moga kita bisa nyontoh

      Delete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi