Thursday, 13 July 2017

Kaya Raya Hanya Dari Sosial Media

Sosial media adalah salah satu penggunaan internet terbesar di dunia. Bahkan, bisa dikatakan mendominasi sebagian besar sektor internet di dunia. Kali ini, kita akan mengupas tuntas tentang SOCIAL MEDIA , dan seluk-beluknya, serta Bagaimana menjadi Kaya Raya Hanya dari Sosial Media


Sosial media, adalah sebuah sarana atau media yang digunakan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan setiap orang tanpa batasan ruang dan waktu. Secara garis besar, sosial media adalah alat yang bisa kita gunakan untuk saling berinteraksi, entah itu dalam bentuk komentar, like, retweet, dan lain sebagainya.

Menurut Wikipedia, social media muncul dan beregenerasi dari masa ke masa. Dan perkembangannya pun, bisa dikatakan sangat baik, dan begitu mudah dalam menggunakan nya. Berikut Social Media beserta tahun resmi diluncurkannya, versi Dunia Faisol

1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com

1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. Tempat untuk menuliskan segala sesuatu yang dirasa penting untuk kemajuan teknologi informasi di dunia. Dan dipercaya, blogger yang mengawali timbulnya Social Media selanjutnya.

2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.

2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.

 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.

2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.

2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.

2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.

 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.

Ada berbagai macam kegunaan sosial media yang kita kenal, seperti yang aku kutip dari Website universitas Pasundan. Untuk info selengkapnya, lihat gambar dibawah ini.


Social Network : Salah satu kegunaan sosial media, sebagai sarana untuk bersosialisasi dan saling berinteraksi antar pengguna. Ada Facebook, Instagram, LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Discuss : Yakni sosial media yang berfungsi sebagai tempat untuk berdiskusi antar anggota dari sebuah grup. Sosial media yang masuk kategori ini, antara lain WhatsApp dan Telegram.

Share : Media sosial bisa bermanfaat sebagai media untuk berbagi file, baik itu gambar maupun video. Pinterest masuk dalam kategori ini, karena didominasi oleh share gambar kepada pengguna lainnya. Ada lagi YouTube, Slodeshare

Publish : Nah, yang ini baru pertama kali aku denger. Blogger dan Wordpress masuk kedalam daftar media sosial. Karena memang berfungsi untuk mempublikasikan sebuah artikel yang nantinya bisa bermanfaat untuk siapapun.

Nah, itu dia sob... tentang macam-macam jenis sosial media berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selain sebagai media bernagi, bersosialisasi, dan berdiskusi, sosial media bisa kita manfaatkan sebagai ladang penghasilan. Bahkan, omset bulanan bisa gede, dan cocok untuk finansial keluarga kedepannya.


Yang aku sukai dari Social Media, yakni bisa meningkatkan hubungan sosial. Dimana, kita banyak menemukan teman baru, dan tentunya hal baru yang bisa kita pelajari. Contohnya saja, aku menemukan teman yang memiliki satu passion yang sama. Yup, penulis dan blogger. Nyatanya, banyak yang bisa didapat, bahkan aku juga sering ikut dalam panitia PJ ( Penanggung Jawab ) sebuah event literasi.

Lebih hebohnya lagi bukuku hasil terbitan penerbit yang aku kenal lewat Social Media. Tuh, kan... Ini yang dinamakan menggunakan Social Media sebagai media yang tepat untuk bersosialisasi.
Buku Sebait Rindu, dari Social Media, bisa punya buku sendiri

Pengguna Sosial Media zaman sekarang begitu banyak sekali. Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna aktif media sosial. Bahkan, sebuah riset menunjukkan bahwasanya pengguna internet di Indonesia sebanyak 90% adalah pengguna aktif media sosial. Angka yang begitu fantastis untuk dunia internet saat ini.


Dengan semakin meningkatnya angka pengguna Sosial Media, tentunya hal ini memberikan peluang yang super dahsyat untuk kita yang ingin sukses dan hanya bermodalkan gadget, sosmed, dan semangat. Apa bisa ? Bisa dong.....

Ada banyak cara untuk bisa menghasilkan uang dari Sosial Media, antara lain, sebagai berikut :

1. Buzzer

Untuk orang-orang yang memiliki reputasi media sosial yang baik, maka cara yang mudah untuk mendapatkan omset yang lumayan, yakni menjadi Buzzer. Katakanlah endorsement produk, maka kita akan dibayar setelah mempromosikannya. Tapi, perlu digarisbawahi bahwa para advertiser ( pengiklan ) akan memilih akun yang Bagus, banyak follower, like, komentar, dan pertimbangan lainnya.

Sebagai pemula sih, banyak susah senangnya loh... Aku saja masih belajar untuk memaksimalkan sosial media ku. Biasanya nih, advertiser memilih akun dengan follower minimal 1000, kalau di Instagram ku @faisol_abrori77 sih ±1800 follower, kalau di Twitter masih sedikit ±300 follower. Saling follow sangat bagus, untuk menjalin silaturahmi + menghasilkan uang dari sosmed yang kita miliki.

2. Share artikel


Share artikel dapet duit ? Ngaco nih....
Beneran itu sob, tapi... Bentar dulu aku jelasin. Maksudnya itu, ketika kita menjadi penulis lepas sebuah website ternama, dan biasanya mereka membayar per view artikel kita, maka kita bisa menjadikan sosmed sebagai sarana berbagi sekaligus meraup keuntungan hanya dari men-share artikel. Karena otomatis, ketika ada teman yang membaca, maka pundi-pundi rupiah akan menyirami dompet yang kekeringan. Misalnya saja sobat menulis di sebuah

Oh iya teman-teman, setelah aku searching di Google, ada informasi terbaru nih, bahwa ada sebuah aplikasi nih, yang bisa membayar pengguna dari share artikel ke berbagai sosial media. Yakni aplikasi TokoVips.

3. Lomba dan Giveaway


Lomba dan Giveaway menjadi salah satu cara menjadikan medsos sebagai sarana meningkatkan finansial, Terutama di Facebook, lomba dan Giveaway begitu bertebaran. Terlebih, karena aku berkecimpung dalam dunia literasi. Boleh dicoba tuh, sob. Jika kalian punya bakat dan ada lomba yang sesuai dengan bakat kalian, coba ikuti aja. Biasanya sih, hadiahnya beragam. Mulai dari voucher, buku bacaan, bahkan sampai uang tunai jutaan rupiah.

Mungkin, hal yang membuat pengguna Facebook merasa nyaman, yakni karena fiturnya yang friendly, ditambah akses berkomunikasi tanpa batas, sehingga banyak penerbit maupun penulis yang menggelar lomba ataupun Giveaway di Facebook.

4. Jadi Blogger dan Youtuber


Blog dan YouTube adalah salah satu media sosial yang juga populer di era-20 an. Terbukti, penghasilan Youtuber termahal di dunia dipegang oleh Felix Kjellberg (199 Milyar), sedangkan Youtuber dengan Penghasilan termahal dipegang oleh Edho Pratama (44 juta per bulan )

Perjuangan seorang blogger / Youtuber

Seperti Youtuber, seorang blogger memiliki peran yang sangat penting di dunia informatika. Kerja banting tulang siang malam, berjuang melawan SEO blog-blog hebat lainnya, menjadikan blogger bisa mendapatkan pundi-pundi melimpah jika benar-benar ingin menjadi blogger proffesional.

Banyak cara me-monetize blog, antara lain bisa menjadi publisher Google Adsense, CPA ( Cost Per Action ), Iklan mandiri, jasa review produk, dan masih banyak yang lainnya.

5. Jual Beli Online


Sosial media adalah salah satu sumber kesuksesan di dunia Internet. Berikut ini grafik sosial media yang paling berpengaruh pada jual beli Online
Sumber :sygmainovation
 Facebook kembali menduduki peringkat pertama. 31% pengguna internet adalah Facebooker, yang artinya pusat kegiatan manusia online berada di sosmed tersebut.

Biasanya, para penjual dan pembeli bergabung dalam satu forum jual beli, biasanya terfilter oleh daerah domisili masing-masing. Yang rame biasanya jual beli HP ,  Jual Beli Tanah, dan masih banyak lagi. Dan diantara mereka, ada yang menggunakan metode COD ( Cash On Delivery ) .
Banyak orang yang salah pengertian dengan istilah COD ini, banyak yang menganggap bahwa COD hanya sekedar ketemuan, antara penjual dan pembeli. Namun, dilihat dari sisi arti sebenarnya, COD memberi makna bahwa penjual bersedia untuk mengantarkan barang untuk sampai di alamat pembeli dengan selamat. Namun, tetap berdasarkan ketentuan batas pengiriman oleh penjual. Mantep kan ?

Facebook menyediakan banyak sekali fasilitas terbaik. Diantaranya ada fb Ads, yang bisa mencapai target pembeli. Dari fb Ads sendiri, kita bisa men-setting jangkauan kiriman, sehingga pembeli nya pun satu jalur dengan barang dagangan.
Selain itu, Facebook juga menyediakan wadah berkumpul beberapa user, nah bisa kita manfaatkan untuk promosi barang dagangan kita deh. Enak tuh, bisa mendapatkan pembeli yang terus menerus, dari satu grup, ke grup yang lain.

Nah seperti yang satu ini, contohnya jika kita menggunakan kekuatan fanpage, jangkauan kiriman di Fanpage Dunia Faisol hingga 19.313 orang. Ini tanpa fb Ads loh ya, apalagi ditambah dengan menggunakan fb Ads. Insyaallah kalian bisa banjir orderan.
Selain Facebook, WhatsApp juga bagus loh dalam proses jual beli Online. Dengan lebih menekankan komunikasi antar user, kita bisa meraup keuntungan yang begitu besar, jika mampu menggunakannya secara maksimal.

WhatsApp menurutku juga komplit, kita bisa dengan mudah interaksi dengan calon pembeli. Jangan lupa, bangun koneksi yang baik dengan pengguna lainnya. Agar suatu saat, mereka bisa merekomendasikan produk/usaha anda kepada kerabat, atau orang lain.


Nah, selain itu, masih banyak lagi media sosial yang bisa kita gunakan untuk promosi produk dan jasa. Contohnya saja Instagram, yang menjadi trend terbaru Social Media saat ini. Juha menampilkan Instagram Ads,y yang itu artinya, kesempatan produk atau jasa sobat berkesempatan dilihat oleh ribuan user.

Design by freepik

Selanjutnya yang bisa sobat lakukan guna bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang mengalir dengan sendirinya, sobat harus pahami 3 Langkah Sukses Social Media berikut ini.

3 Langkah Sukses Social Marketing


Mencoba adalah hal utama yang harus dilewati oleh seseorang yang memiliki jiwa kesuksesan. Masa percobaan seseorang akan menentukan kemampuan ia dalam menguasai sebuah tantangan. Kalau kita bicara tantangan, maka sudah tergambar bagaimana sebuah permasalahan yang kecil, bahkan bisa merusak suatu tatanan yang rapi.

Pahami betul, setiap langkah yang akan diambil beserta konsekuensinya, pelajari. Terapkan pada SOCIAL MEDIA yang kita punya. Dan juga, jangan lupa kita perhatikan passion pembaca, apakah didominasi oleh orang-orang yang menyukai produk kita atau tidak ?

Baru, setelah kita selesai mencoba, langkah selanjutnya yakni memaksimalkan optimasi SOCIAL MEDIA yang kita punya >>>


Dengan mengoptimalkan Social Media, kita bisa mendapatkan target pembeli yang maksimal juga. Cara untuk mengoptimalkannya pun beragam. Bisa dengan metode Follow For Follow, Like For Like, dan lain sebagainya. Metode yang baik dan tertata, bisa dengan mudah memancing pembeli untuk mampir di stand medsos kita.

Yang penting, hal yang harus diutamakan adalah kenyamanan pembeli, dan ubahlah dari update status yang kurang penting, menjadi sedikit lebih bermanfaat. Pasti nantinya akan membuahkan hasil yang baik juga 😄


Nah, alternatif buat sobat yang butuh bimbingan lebih mendetail tentang seluk-beluk internet marketing, sobat bisa kursus di DUMET School, yang ditemani oleh pemateri proffesional, dan kalian bisa menggunakan fasilitas belajar yang ekstra lengkap.

Selain itu, kita akan dibina untuk dipersiapkan menjadi Social Marketer handal, yang sukses. Sehingga, menambah kepercayaan para peserta Didik.


Ada banyak sekali alasan "Mengapa Memilih DUMET School sebagai kursus internet marketing terbaik.

1. JADWAL FLEKSIBEL - Yups, jadwal kursus bisa disesuaikan dengan waktu yang sobat kehendaki. Bagus sekali metode jadwal fleksibel ini, selain memudahkan kita, juga lebih mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya. 😄😄😄

2. SEMI PRIVATE - Maksudnya kelas belajar akan tetap dimulai walaupun hanya 1 murid yang datang, hampir sama seperti private ya, makanya kita harus rajin yahh biar bisa mendapatkan ilmu dengan maksimal 😎

3. GRATIS KONSULTASI - Konsultasi tanpa batas semakin menjadikan DUMET School sebagai kursus yang baik untuk kita-kita anak muda. Konsultasi gratis lohh... Dan kita akan disupport terus menerus, mantap kan 😀




Di DUMET School nantinya, sobat akan diajarkan rahasia dunia Internet marketing. Yang biasanya kita hanya bisa menghabiskan uang jajan untuk membeli kuota, dan kuota yang kita punya hanya digunakan untuk berstatus ria di Facebook, menjadi lebih bernilai ekonomis.

 SMS / WhatsApp / Email 
Kelapa Gading: 0851-0055-5666 
Grogol: 0819-7555-666 
Tebet: 0812-1999-9155 
Srengseng: 0812-9933-3913 
Depok: 0812-9393-3210 
Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00
info@dumetschool.com

Nah, itu dia teman-teman, kan kalo bisa kaya raya hanya dari sosial media, kan bisa bantu meringankan beban orang tua, mengurangi biaya pembayaran SPP bulanan, atau bisa juga meningkatkan kesejahteraan anak kos. Okeyyyy, happy sukses together......

Untuk sobat yang ingin >> Belajar Social Media Marketing << sobat bisa belajar di situs Dumet School, artikel ini diikutsertakan dalam lomba Dumet School bulanan loh,




22 comments:

  1. Gak akan nyangka kalau yang nulis masih siswa SMA ,,,, kereeennn dek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha makasih udah mampir ya mbak Cindy....

      Delete
  2. Dekat dengan Internet, pinter-pinter mengembangkannya ya dek.
    Ada banyak cara buat dpetin penghasilannya
    Sukses terus dek :D

    ReplyDelete
  3. ada banyak cara maksimalin medsos ya, Sol. Semoga kita jadi generasi yg bs mendulang sukses dari medsos. Artikelnya lengkap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, hanya bagaimana kita bisa nyaman dengan cara tersebut. Makasih udah mampir ya mbak....

      Delete
  4. Pada point nomor 4 ada kata yang terulang. Youtuber dan youtuber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah bener kok mas, kan yang awal itu Youtuber dengan Penghasilan tertinggi di dunia, nah yang kedua itu Youtuber dengan Penghasilan tertinggi di Indonesia

      Delete
  5. ya medsoso aklau digunakan untuk yang posirif hasilnya juga bakal positif ya, wah sdh bisa bikin buku ya, hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe, iya mbak, bener banget, kalo kita menggunakannya untuk hal positif, Insyaallah bisa bermanfaat bagi orang lain

      Delete
  6. Wah saya udah jadi blogger tetapi belum sempet jadi youtuber heheh. Emak rempongggg. Mksh infonya ya. Mau dicoba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak, kalo ngeblognya maksimal bagus juga hehehehehe

      Delete
  7. Keren sekali tulisannya dan sangat bermanfaat.
    Saya juga merasakan banyak sekali manfaat dari media sosial.
    makanya sayang kalau harus misalnya dihapusan pemerintah.
    media sosial akan sangat berguna bagi kita, bila kita bisa memanfaatkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe iya tuh, bener banget, kan sayang kalo kesempatan ini ( Social Media ) dihapus. Hehehehehe, berpikir positif lebih baik

      Delete
  8. Bener sekali, sosmed kalau dimanfaatkan dengan baik. Maka hasilnya akan baik.

    ReplyDelete
  9. Serius ini yang nulis masih SMA(efek liat komen diatas)? Hebat bgtt. Aku aja masih kurang bgtt. Dan dijaman sekarang banyak bgt selebgram bertebaran dimana2 hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya mbak, masih SMA. Iyahh selebgram bertebaran dimana-mana

      Delete
  10. wahh alus dan ngayun pisan pesannya hehehe... bagian bawahnya baru nyadar, aseli keren dan memberi banyak informasi berharga. Baru ngeh soal sosmed pertama di dunia itu malah udah ada sejak sebelum tahun 2000-an ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe makasih udh mampir mas, hehehehe emang udah lama ternyata socmed itu, cuma yg populer itu baru di era Facebook

      Delete
  11. Yess, bersosial media saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan pokok. Lahirnya berbagai situs jejaring sosial mendatangkan manfaat tersendiri bagi hajat hidup orang banyak terutama dari sektor bisnis, dengan sangat mudah pebisnis bisa melakukan strech di sosial media untuk meningkatkan trafik brand mereka. Jika saat ini tidak mengenal sisoal media maka sebaiknya mulai belajar untuk bisa mendapatkan manfaat positifnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas usman, seperti menjadi kewajiban juga yah, buat pengembang bisnis

      Delete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi

Powered by Blogger.