Sunday, 21 October 2018

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog

SHARE

Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog


Halo teman-teman ? Pada kesempatan kali ini, sebenarnya saya agak canggung untuk membahas hal yang sensitif ini. Yups, Job bagi para Blogger kerap kali menjadi bahan perbincangan. Biasanya banyak yang bertanya  "dari ngeblog dapat uang dari mana emang ?" Ada yang tanya begitu ? Banyak. Ya, kan nyaman juga, menulis dengan sudut pandang kita sendiri, lalu bisa disewa oleh para klien untuk mengkampanyekan produk-produk mereka. Rasanya speechless gitu.

Namun, sebelum masuk pembahasan. Ada baiknya untuk kalian yang hendak menjadi Blogger untuk tidak tergiur dan terorientasi pada materi (uang) dan luruskan niat kita untuk ngeblog semata-mata berbagi pengetahuan, dan menghilangkan kebodohan generasi, oke...

Ada banyak cara yang bisa dijadikan penghasilan melalui blog. Yukkk kita bahas satu-satu


1. Job Review dan content placement

sumber : www.epicpxls.com

Yang pertama ada content placement dan job review. Sistem periklanan ini menempati peringkat teratas sistem kerjasama dengan klien terbaik. Untuk job review jadi kita sebagai Blogger akan diminta oleh klien untuk mengulas seputar produk dari sudut pandang pribadi. Ingat mengulas dengan jujur sesuai realita ya, sehingga pembaca tidak kecewa saat membelinya. Tulis sisi positif negatifnya, dengan bahasa yang halus, serta tidak menyinggung pihak manapun.

Kemudian, content placement juga sangat ramai diburu saat ini. Yakni, kita (Blogger) mendapatkan artikel yang sudah siap dari klien, hanya tinggal menyesuaikan dengan gaya bahasa kita di blog, agar tidak terlihat aneh. Serta menambahkan backlink sesuai perjanjian sebelumnya. Untuk kedua jenis iklan diatas, umumnya menimpa pada blog yang personal brandingnya kuat, serta memiliki rank DA PA yang bagus. Oh iya, kalau kalian merasa kesusahan untuk menaikkan angka DA PA blog, bisa baca artikel saya : Tips Menaikkan DA PA

Oh iya, nggak jarang klien tersebut juga membutuhkan jasa Blogger untuk buzz artikel untuk campaign mereka di Instagram. Jadi, kanal sosial media kita harus senantiasa aktif, aktif like nya, komentarnya, sehingga engagement meningkat dan job pun banyak berdatangan karena kita dinilai Blogger yang profesional. Untuk sobat yang ingin menambah daftar silaturahmi, boleh follow IG saya : @si.rori dan @faisol_abrori77 , jangan lupa untuk tinggalkan komen di postingan Instagramku ya, untuk saling bertukar inspirasi.

Hayo mana suaranya yang suka dapet Job review maupun content placement ?

2. Google Adsense

Sumber: wartablogger.com

Google adsense sendiri atau biasa disebut dengan GA adalah sistem periklanan yang dimiliki oleh Google, dengan sistem pembayaran tergantung seberapa banyak klik (pada iklan) yang terjadi. Jadi iklannya itu berbentuk native ads maupun banner, dan juga bisa dihitung secara per seribu kunjungan, namun pada umumnya lebih besar perhitungan dari kliknya.

Untuk sistem periklanan ini, sobat harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebelum mendaftar Google adsense, memiliki kualitas blog yang baik dimata Google search engine. Semakin baik rank kalian di mata Google, semakin tinggi pula kesempatan mendapatkan penghasilan.

3. Sharing Produk

sumber : scriptsmarttech.com

Nggak bisa dipungkiri, kini banyak Blogger yang multitalenta, dalam artian selain menjadi Blogger, juga memiliki online Shop yang lumayan menjanjikan di era milenial saat ini. Sehingga, kalian hanya perlu menuliskan seperti apa deskripsi barang yang ingin dijual, namun cobalah untuk menjualnya secara soft-selling agar pembaca mampu membaca deskripsi produk dengan jelas.

Dan karena blog memiliki jangkauan yang luas, serta dapat terlihat lebih profesional dalam berjualan, maka banyak sekali poin plus seperti keyakinan pembeli, serta berbagai keuntungan lainnya.

Cung, siapa diantara sobat yang suka mereview dagangannya di blog ? Hehehehe....

4. Afiliasi


Untuk afiliasi itu adalah sistem pembayaran per barang terjual. Misal di salah satu ecommerce menjual barang elektronik, lalu kalian ulas, seperti apa spesifikasinya, kualitasnya bagaimana. Dan di akhir tulisan kalian cantumkan Link pembelian (Link yang sudah didaftarkan afiliasi) maka, setiap pembelian yang sukses sampai barang mendarat di tangan pembeli, maka kita sebagai Blogger mendapatkan beberapa persen dari hasil penjualan tersebut.

5. Lomba Blog

sumber : 3esovecindario.blogspot.com

Setiap bulan, selalu ada saja lomba yang melibatkan Blogger untuk ikut serta sebagai influencer dalam menggencarkan suatu event atau campaign. Kompetisi yang dilombakan ya blogging, atau menulis di blog. Dengan kualitas konten yang jempol, apalagi ditambah desain grafis, pasti bikin kesempatan menang besar. (eits, tapi ingat loh ya, kita ini Blogger, bukan desainer grafis, bagaimana menargetkan pembaca bukan penikmat seni) jadi usahakan konten tetap yang pertama, itu tidak lain dan tidak bukan agar generasi Blogger kedepannya bisa mapan dan kuat dari segi konten. Oke.... 😅

Oh iya, hadiah untuk lomba biasanya nggak tanggung-tanggung, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Bahkan ada yang sampai mengkhususkan diri untuk terjun di dunia blog fulltime Blogger loh geng... Dan sampai bener-bener riset alias terjun lapangan demi mencari tau seperti apa konten yang diinginkan oleh penyelenggara maupun juri. Wahhh salut deh....


Mana yang doyan "nyabet" juara nih... Turunin ilmunya ya gengs, siapa tau kecipratan juga. *eh....

Keren, bukan ?

Apa daya pikiran tertuju pada materi, namun konten masih terbilang "murahan", sehingga perlu saya tegaskan ulang bahwa ngeblog bukan seberapa banyak kita mendapatkan penghasilan, namun seberapa besar kekuatan konten kita untuk berbagi kebaikan.

SHARE

Author : verified_user

Kehidupan realitas asmara tak seindah drama Korea. Untuk menemukan pasangan sejati, mungkin kamu akan menemui berbagai macam persoalan, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit saat menjalani suatu hubungan. Dengan ujian yang berat, maka kekuatan jalinan cinta kalian akan terbukti. Apakah siap untuk berlanjut ke jenjang yang lebih serius, atau hanya cukup menjadi cerita sementara saja.

13 comments:

  1. semoga banyak rejeki masuk nih.. biar bisa beli kuota dan jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap koh..... mantap nih yang rajin jalan-jalan, makin keren lah....

      Delete
  2. aku baru ngejalanain poin 1 dan 5 nih hehehe semoga smua poin terlaksana yess

    ReplyDelete
  3. Semoga blog Faisol akan semakin keren ya.

    ReplyDelete
  4. Saya sering dapetnya content placement. Tapi sekarang pikir2 lagi. Kadang ga sesuai dgn feel blog -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, coba difilter aja kak, mana yang sesuai, dan tidak

      Delete
  5. Kalau udah ngerasin hasilnya dari ngeblog dengan cara-cara di atas, ngeblognya jadi tambah semangat euy :D

    ReplyDelete
  6. Aku mah angkat tangan dengan Lomba Blog, suhunya banyak beut

    ReplyDelete
  7. Tulisannya keren gan. Bermanfaat sekali :D

    ReplyDelete
  8. Noted :p
    Salam kenal ya, masuk list BW hehehe

    ReplyDelete
  9. Hai mas Faisol, salam kenal.

    Dari 5 poin di atas alhamdulillah dah pernah dapet dari empat di antaranya, kecuali sharing produk. Meskipun dapetnya masih recehan tapi lumayan juga bikin semangat ngeblog.

    Btw yang sampai terjun ke lapangan buat lomba blog itu kok rasanya saya tau yah .... Hmmmm

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi