10 February 2019

Harapan bisnisku di tahun 2019



Dilansir dari Wikipedia, secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Bisnis adalah salah satu jiwa kehidupan manusia zaman ini. Setiap manusia rasanya telah familiar dengan istilah bisnis, atau bisnis online. Mulai dari keluarga, teman, banyak yang menjadi pelaku bisnis itu sendiri. Nih ya, aku mah cerita sedikit, temenku, namanya Alvin, dia ketua OSIS angkatanku dan ya, dia emang punya jiwa bisnis yang tinggi. Apalagi orang tuanya sendiri yang memberi support kepadanya untuk bisa membangun dunia bisnisnya plus membantu mengembangkannya.

Alhamdulillah, dia bisa menjadi entrepreneur yang keren, dan ya menjualkan kembali beberapa produk di sekolah, dan itu aku rasa sangat menyenangkan. Prosesnya itu loh, apalagi kita kan anak muda, jiwanya penuh semangat, jadi aku pribadi mulai dari kecil emang ada ketertarikan tersendiri pada dunia entrepreneurship, suka menjadi bayangan gitu, ini dijual, itu dijual, inginnya semua karyaku dijual. Temen sekolahku ada yang jualan salad, keren banget, ada juga yang jualan kerudung, mereka menjual barang sesuai minat, kondisi, kesukaan, dan dari segi pangsa pasarnya. Ya kadang terjadi proses penawaran yang unik door to door dari kelas ke kelas lainnya, itu sangat membantu dalam perjalanan karir seorang pelaku usaha.

Aku cerita aja waktu aku kecil, alhamdulillah aku bisa dapat tambahan uang jajan dengan hanya berbekal pulpen dan kertas. Ya, aku waktu kecil emang suka banget menggambar, sampe sekarang sih, suka bikin kaligrafi juga, aku warnain pake krayon atau pensil warna punya temen, hahahahaha, menyenangkan  dan itu membuat perubahan besar bagi kejiwaanku sampai saat ini. Aku lebih suka mandiri, melakukan ini itu, beli beli sesuka hati, karena memang suka dapet rejeki dari menjual sesuatu.

Mungkin di jaman yang seperti sekarang ini, jaman now lah ya, tentunya setiap pelaku industri bisnis selalu mengedepankan how to sell the product, atau gimana cara menjual produk, biar produk tersebut bisa laris. Kayak mungkin dari segi packaging, bisnis jaman now itu terkesan lebih profesional gitu ya, makanya aku pribadi punya harapan positif bahwa tahun 2019 ini adalah peluang dan tantangan teknologi bagi kemajuan sektor perdagangan dan bisnis.

Baik itu bisnis online maupun bisnis offline, karena di Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yang memungkinkan jumlah kuantitatif konsumen itu juga banyak, jadi saya pribadi sih punya harapan untuk bisa mengoptimalkan kinerja bisnis yang saya geluti, temen temen juga yang punya bisnis keren keren, I feel they looks like a succes person in a future.

Juga aku punya rencana buat ikut menyemarakkan dunia distributor online, dan bisa sukses di masa masa muda, itu akan menjadi hal yang indah yang dapat membuat ekonomi bisa meningkat. So, ayo bangun dan ciptakan kreasi bisnismu sendiri dengan Ralali.com

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi