Cara Download File Google Drive yang Tidak Bisa Didownload -->

Kategori Berita

.

Cara Download File Google Drive yang Tidak Bisa Didownload

Faisol abrori
Sabtu, 11 Juni 2022


Sekarang menyimpan berkas pada google drive telah banyak yang menerapkannya agar mudah membagikan ke orang lain. Namun ada sebagian orang mengeluh tidak dapat mendownload file tersebut. Dan mencari tahu cara download file google drive yang tidak bisa di download pada mesin pencarian.

File yang  tidak bisa di download di sebabkan beberapa alasan seperti jaringan internet tidak stabil dan bisa juga karena sudah dalam batas limit pengunduhan. Oleh karena itu, pengguna google drive harus mengetahui caranya. Adapun caranya yaitu sebagai berikut :

1. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Salah satu penyebab tidak dapat terdownloadnya suatu file yang ada pada google drive yaitu karena masalah internet yang terkoneksi pada perangkat tidak stabil. Oleh karena itu,, pastikan terlebih dahulu jaringan internet yang terkoneksi pada perangkat sudah stabil. Adapun untuk mengatasinya yaitu:

     Bila pengguna menggunakan wifi, pastikan sudah terkoneksi dan pilih sinyal yang penuh. bila perlu melakukan reset router wifi bila trouble pada bagian routernya.

     Sedangkan jika internet pada perangkat pengguna menggunakan kabel LAN, maka bisa melepas kabel RJ45 sebentar, dan setelahnya bisa dipasangkan kembali seperti semula, lalu cobalah restart perangkat.

     Namun jika pengguna menggunakan data seluler maka silahkan lihat ketersediaan sinyal dan kuat atau tidaknya sinyal yang ada disekitar pengguna.

2. Ubah Alamat URL

Cara download file google drive yang tidak bisa di download berikut ini bisa dilakukan apabila file sudah terdeteksi limit. Biasanya masalah ini dikarenakan banyaknya pengunduh file dalam waktu berdekatan (24 jam).

Sehingga hal tersebut akan dicurigai oleh pihak google drive dan berakibat file akan terkunci. Jika masalah tersebut terjadi, maka cara untuk mengatasi berkas tidak dapat di download di google drive yaitu sebagai berikut :

     Buka terlebih dahulu link berkas yang akan didownload

     Lalu hapus tulisan link “&export=download” dan ubahlah bagian link yang bertuliskan”uc” menjadi “open”

     Berikutnya akan muncul tampilan dari halaman berkas yang akan diunduh beserta tombol yang bertuliskan download. Silahkan pengguna arahkan kursor ke bagian pojok kanan atas dan klik ikon google drive.

     Lalu silahkan pulih Drive Saya dan salinlah berkas yang akan diunduh tadi.

     Jika sudah, silahkan pengguna buka halaman yang sudah tersalin, dan selanjutnya silahkan download.

     pastikan halaman berkas yang sedang di unduh tidak tertutup hingga proses download selesai.

3. Mendownload menggunakan IDM

Cara lain untuk mengunduh file yang trouble pada google drive adalah dengan memanfaatkan aplikasi IDM. Dengan perangkat tersebut, semua jenis file yang diinginkan pastilah bisa diunduh. Namun ada kalanya file yang ada di google drive juga tidak dapat di download oleh IDM.

Tetapi janganlah menyerah terlebih dahulu, sebab masih bisa diatasi dengan cara sebagai berikut ini :

     Bukalah terlebih dahulu link berkas yang akan diunduh

     Lalu URL yang bertuliskan “drive.google.com/file/d” pengguna ganti menjadi “https://googledrive.com/host/” dan untuk yang bertuliskan “/view” silahkan pengguna hapus. maka nanti file tersebut akan terdownload secara otomatis namun nama berkasnya akan berbeda dengan judul awal.

     Selanjutnya silahkan buka jendela download pada browser yang digunakan, lalu klik tombol cancel pada proses downloadan tadi.

     Setelahnya barulah pengguna salin linknya dan tempelkan pada aplikasi IDM yang bagian “Add URL”

     Baru setelahnya silahkan klik tombol start download yang ada pada aplikasi IDM tersebut.

Itulah tadi tiga penyebab dan cara download file google drive yang tidak bisa di download. Silahkan pengguna coba untuk mengaplikasikannya baik itu menggunakan perangkat PC maupun ponsel.