Kategori Berita

ZMedia

Pentingnya Zat Besi untuk Ibu Hamil, Ini 6 Manfaatnya

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 30 September 2023


Kesehatan ibu hamil adalah hal yang sangat penting, termasuk asupan nutrisi yang memadai, termasuk zat besi. Berbicara manfaat penting zat besi, menurut penelitian dari jurnal CDC.gov menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan dengan berat badan rendah.


Ibu Hamil Butuh Asupan Zat Besi yang Tinggi


Ya. Ibu hamil membutuhkan asupan zat besi lebih tinggi daripada biasanya, baik untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya sendiri maupun untuk janin di dalam kandungannya. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi, dengan lebih dari 40% dari mereka terdampak menurut data dari WHO.


Faktanya, janin juga menyerap zat besi dari tubuh ibu, sehingga dapat menyebabkan ibu mengalami kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi yang parah juga dapat berisiko kematian pada bayi, baik saat masih dalam kandungan maupun setelah lahir.


Kapan Ibu Hamil Harus Mengonsumsi Zat Besi?


Zat besi adalah elemen penting untuk membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh manusia. Kekurangan zat besi dapat menghambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.


Sebaiknya, ibu hamil mulai mengonsumsi suplemen zat besi dengan dosis rendah (30 mg per hari) sejak konsultasi kehamilan pertama. Kemudian, dosis dapat disesuaikan menjadi 27 mg per hari selama masa kehamilan. Tambahan, zat besi tetap dibutuhkan hingga tiga bulan pasca melahirkan atau selama menyusui.


Jenis Zat Besi yang Diperlukan oleh Ibu Hamil


Selain dari suplemen, zat besi juga dapat diperoleh dari makanan. Ada dua jenis zat besi yang berasal dari makanan: heme iron dan non-heme iron. Heme iron berasal dari daging merah, ikan, ayam, dan protein hewani lainnya. Sementara itu, non-heme iron dapat ditemukan pada protein nabati seperti kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.


Tubuh lebih mudah menyerap heme iron, sehingga ibu hamil dianjurkan untuk memasukkan protein hewani dalam berbagai hidangan. Selain itu, pastikan untuk memasak protein hewani dengan benar untuk menghindari risiko bakteri berbahaya. 


6 Manfaat Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil


Kesehatan ibu hamil adalah prioritas utama dalam memastikan kelahiran bayi yang sehat dan kuat. Salah satu aspek penting dari perawatan prenatal adalah memastikan asupan zat besi yang cukup. Zat besi memainkan peran krusial dalam kesehatan ibu dan perkembangan janin. Terdapat 6 alasan mengapa mengonsumsi zat besi adalah langkah yang sangat penting bagi ibu hamil.


1. Pembentukan Hemoglobin


Zat besi adalah komponen utama dari hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan produksi hemoglobin yang kurang, menyebabkan anemia. Kondisi ini dapat membuat ibu hamil merasa lelah, lemah, dan kekurangan energi.


2. Pertumbuhan dan Perkembangan Janin yang Sehat


Selama kehamilan, janin akan mengandalkan pasokan darah dari ibu untuk mendapatkan nutrisi dan oksigen. Dengan asupan zat besi yang memadai, ibu hamil dapat memastikan bahwa janin menerima semua elemen penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.


3. Mencegah Kelahiran Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah


Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau dengan berat badan lahir rendah. Zat besi memainkan peran vital dalam memastikan bahwa janin berkembang dengan baik dalam kandungan.


4. Menghindari Komplikasi Kesehatan


Anemia pada ibu hamil juga dapat meningkatkan risiko komplikasi kesehatan selama kehamilan, seperti preeklampsia, infeksi, dan masalah kesehatan lainnya. Dengan mengonsumsi zat besi yang cukup, ibu hamil dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan serius.


5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh


Zat besi juga diperlukan untuk memelihara sistem kekebalan tubuh. Dengan memastikan asupan zat besi yang memadai, ibu hamil dapat membantu melindungi diri dan janin dari penyakit dan infeksi.


6. Menyediakan Energi Tambahan


Kehamilan membutuhkan banyak energi, dan zat besi membantu memastikan bahwa tubuh memiliki pasokan oksigen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tambahan selama masa kehamilan.


Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi wanita dalam masa hamil, dokter biasanya merekomendasikan suplemen untuk meningkatkan zat besi yang ada dalam tubuh. Salah satunya Maltofer, suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi dengan baik, dengan meminimalisir efek samping seperti mual, sembelit, atau diare yang kerap terjadi pada suplemen zat besi lainnya.


Yuk, jaga kesehatan dan penuhi kebutuhan zat besi ibu hamil dengan Maltofer

>